oleh

Pulang dari Aceh, Seorang Pejabat di Morowali Positif Corona Meninggal

Jumriani

SultengTerkini.Com, PALU– Juru Bicara Teknis Bidang Kesehatan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dr Jumriani mengatakan, seorang pasien berinisial Ny P, warga Kabupaten Morowali terkonfirmasi positif Corona dan dinyatakan meninggal dunia.

“Satu positif Corona yakni Ny P asal Kabupaten Morowali meninggal dunia, sehingga total Sulawesi Tengah kasus Covid-19 yang meninggal sebanyak enam orang,” kata Jumriani yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulteng kepada jurnalis, Sabtu (4/7/2020).

Dia mengatakan, Ny P (56) merupakan salah satu pejabat aparatur sipil negara lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali.

Jumriani menuturkan, adapun riwayat perjalanan Ny P hingga terjangkit positif Corona adalah dari luar daerah.

“Pada tanggal 10 Juni 2020 Ny P berangkat ke Aceh untuk mengikuti acara keluarga (pernikahan), dan tiba di Kabupaten Morowali tanggal 17 Juni 2020,” katanya.

Dia mengatakan, beberapa hari terakhir Ny P mengalami gangguan kesehatan, namun tidak menunjukkan gejala Covid-19, dan pasien tidak bersedia dirawat di rumah sakit.

Sehingga kata dia, oleh keluarganya, Ny P dirawat di rumah.

Pada 2 Juli 2020 kondisi Ny P memburuk sehingga harus dirujuk ke RSUD Morowali. Namun belum sempat dirujuk, pada pukul 21.45 Wita, pasien dinyatakan meninggal dunia.

Dengan melihat riwayat perjalanan Ny P dari luar daerah, maka oleh pihak Gugus Tugas Covid-19 dilakukan swab pada 3 Juli 2020 pukul 01.00 Wita dan dibawa ke Palu untuk dilakukan pemeriksaan.

Atas bantuan dari pihak Dinkes dan UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulteng, konfirmasi hasil pemeriksaan swab diperoleh pada pukul 16.00 Wita melalui telepon dan WhatsApp dan dinyatakan positif, sehingga proses pemakaman jenazah dilaksanakan dengan standar Covid-19 oleh Gugus Tugas Kabupaten Morowali.

Jumriani juga menyampaikan kondisi penanganan Covid-19 khusus Kabupaten morowali sampai dengan hari ini total pasien terkonfirmasi positif menjadi 14 kasus, dua meninggal dunia.

Sementara total konfirmasi positif Covid-19 di Sulteng hingga 4 Juli 2020 mencapai 191 kasus dan enam meninggal dunia atau sebanyak 3 % dari keseluruhan.

Adapun pasien yang sembuh mencapai 161 pasien atau 85 % dari total kasus Covid-19.

“Walaupun kita sudah menuju new normal, tetapi harus tetap patuh terhadap ketentuan SOP Covid yakni pakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan rajin olah raga,” tuturnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 59 times, 1 visits today)

News Feed