oleh

KPU Touna Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan

KOMISIONER KPU Kabupaten Tojo Unauna Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Sahlan M Sabu. FOTO: MOH SAFA’AD/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, AMPANA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) di Sulawesi Tengah mulai melanjutkan tahapan pilkada serentak tahun 2020 di wilayahnya.

Salah satu tahapan yang diteruskan adalah pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan.

“Sejak tanggal 24 sampai 29 Juni 2020 kita sudah meneruskan tahapan pilkada yakni penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan dari KPU ke PPS melalui PPK, selanjutnya pada tanggal 24 Juni sampai 12 Juli, kami melakukan verifikasi faktual dan hingga hari ini prosesnya masih berlangsung,” ungkap Komisioner KPU Touna Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Sahlan M Sabu, Selasa (30/6/2020).

Adapun yang dilakukan verifikasi faktual kata dia adalah daftar nama-nama dukungan yang tertuang dalam formulir model B.1.1 KWK.

“Di Kabupaten Tojo Una-Una ini hanya ada satu pasangan perseorangan yang sudah memasukkan dokumen dukungan, total dokumen dukungan yang masuk sebanyak 12.600. Setelah dilakukan verifikasi administrasi tersisa 12.484 dukungan, hasil verifikasi administrasi ini yang akan dilakukan verifikasi faktual,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam verifikasi faktual ini petugas setempat mengecek para pendukung yang menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan calon apakah memenuhi syarat dukungan atau tidak.

“Kalau misalkan ditemukan ada pernyataan pendukung yang tidak menyatakan dukungannya, maka status dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sementara untuk calon perseorangan dia bisa mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati jumlah minimal dukungan sebanyak 11.466,” tuturnya. SAF

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 38 times, 1 visits today)

News Feed