oleh

Laboratorium DPKPLH Touna Segera Beroperasi

KEPALA DPKPLH Kabupaten Tojo Unauna Mohammad Agfar Patanga. FOTO: MOH SAFA’AD/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, AMPANA– Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) meraih akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dengan akreditasi ini, UPT Laboratorium DPKPLH siap beroperasi dan bisa melayani pengujian air dan udara oleh masyarakat maupun perusahaan.

Kepala DPKPLH Touna, Mohammad Agfar Patanga saat dikonfirmasi, Senin (29/6/2020) mengatakan, laboratorium DPKPLH telah resmi mengantongi akreditasi dari KAN, namun akreditas yang dikeluarkan hanya dua parameter yakni air dan udara.

“Meski peralatan kita masih sangat terbatas, namun untuk melakukan penelitian terhadap air, laboratorium kita sudah bisa berkerja, dan sudah diberikan kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi, termasuk usaha depot air munum,” katanya.

Menurutnya, jika dulu para pengusaha depot air minum, urus rekomendasinya lewat Dinas Kesehatan, kali ini tidak perlu, DPKPLH sudah diperbolehkan mengeluarkan rekomendasi itu.

Kedepan kata dia, DPKPLH akan terus berupaya mengembangkan laboratorium ini, tidak hanya memastikan kebutuhan anggaran terhadap peralatan yang dibutuhkan, melainkan kesiapan SDM pengelola laboratorium. SAF

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 13 times, 1 visits today)

News Feed