oleh

Kades Sayembongin Hibahkan Tanah Delapan Hektare Dukung Ketahanan Pangan

DANREM 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf bersama istri saat melakukan penanaman pohon di Kabupaten Banggai. FOTO: PENREM

SultengTerkini.Com, LUWUK– Bentuk sinergitas antara masyarakat dan Babinsa di wilayah Kodim 1308/Luwuk Banggai sangat luarbiasa demi menyukseskan program ketahanan pangan Kepala Desa (kades) Sayembongin menghibahkan delapan hektare tanah untuk dikelola bersama.

Penyerahan tanah hibah tersebut dilakukan Kades Sayembongin langsung kepada Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf MA belum lama ini.

Lokasi tanah hibah tersebut berada di Desa Sayembongin, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, wilayah tersebut masuk dalam teritorial Kodim 1308/Luwuk Banggai.

Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf mengapresiasi upaya warga dalam menjalin sinergitas dan mendukung penuh program ketahanan pangan.

Bahkan selaku pimpinan tertinggi di Korem 132/Tadulako dirinya mengapresiasi jajarannya terutama babinsa, danramil serta dandim 1308/Luwuk Banggai.

“Inilah salah satu wujud kedekatan dan komunikasi yang baik antara babinsa dan masyarakat. Saya sangat berterima kasih kepada babinsa, danramil dan dandim 1308/Luwuk Banggai atas kerjasama yang baik ini. Inilah salah satu bukti bahwa babinsa dapat melaksanakan pembinaan teritorial dengan sangat baik,” ujarnya.

“Di era new normal ini, tugas kita membantu mencegah penularan virus Corona dengan cara penegakan disiplin protokol Covid-19, yang kedua,

karena kegiatan ekonomi sedang menurun, saya mempunyai program untuk melaksanakan program ekonomi mandiri. Salah satunya adalah memanfaatkan lahan tidur supaya bisa ditanami dan menghasilkan tanaman jangka pendek guna mendukung ketahanan ekonomi masyarakat,” urainya.

Danrem Farid Makruf berharap dengan upaya tak kenal lelah babinsa, danramil serta dandim 1308/Luwuk Banggai ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk ketahanan ekonomi mikro masyarakat sekitar.

“Berkat kerjasama dan upaya yang tidak kenal lelah dari babinsa, danramil dan dandim yang dibuktikan dengan hibah tanah seluas delapan hektare ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten Banggai, Judi Amisudin mewakili Bupati Banggai mengatakan, kegiatan yang dilakukan

Korem 132/Tadulako bersama Kodim 1308/Luwuk Banggai merupakan bukti karya nyata TNI dalam menangani ketahanan pangan.

“Kepada masyarakat Desa Sayembongin, Kecamatan Nambo, mari kita dukung dan turut berpartisipasi. InsyaAllah ini akan baik kedepan, nantinya di kecamatan lain akan dibuat seperti ini,” katanya.

Camat Nambo, Nurhaya Hasan yang hadir turut menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya sukarela warganya dalam mewujudkan sinergitas TNI dan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama antara koramil dan kecamatan sehingga kegiatan seperti ini dapat terwujud agar masyarakat yang berada di sekitar lahan, khususnya warga Kecamatan

Nambo memanfaatkan lahan kosong ini untuk meningkatkan perekonomian Kecamatan Nambo.

Program ketahanan pangan yang digagas Korem 132/Tadulako dan jajarannya memungkinkan masyarakat untuk ikut serta menanam berbagai jenis tanaman yang dapat dipetik dalam jangka waktu yang pendek, sehingga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat,” Camat Nambo.

Selanjutnya, Danrem Tadulako sudah menginstruksikan kepada kodim-kodim di jajarannya agar melaksanakan program ketahanan pangan mandiri dengan tujuan membantu masyarakat mendapatkan bahan makanan dari hasil menanam sendiri untuk dikonsumsi maupun dijual untuk menambah penghasilan. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 29 times, 1 visits today)

News Feed