oleh

Warga di Sulteng Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin, Ini Waktunya

Ilustrasi- Mengamati gerhana matahari cincin. (Foto: Antara)

SultengTerkini.Com, PALU– Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada Ahad (21/6/2020) besok.

Masyarakat sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sulawesi Tengah (Sulteng) akan dapat melihat Gerhana Matahari Cincin itu pada siang hari menjelang petang Ahad besok.

“(Masyarakat) Semua wilayah Sulteng bisa melihatnya,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Cahyo Nugroho saat dikonfirmasi SultengTerkini.Com, Sabtu (20/6/2020).

Cahyo menjelaskan, Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi, dimana posisi bulan berada di tengah-tengah tepat sejajar antara matahari dan bumi.

Selain itu kata dia, Gerhana Matahari Cincin juga adalah peristiwa saat posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis sejajar dan piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari piringan matahari.

Dia mengatakan, Gerhana Matahari Cincin ini hanya terlihat sebagai Gerhana Matahari Sebagian pada 432 pusat kota di 31 provinsi di Indonesia, dengan magnitudo 0 di Kepanjen, Jawa Timur sampai 0.522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Untuk wilayah Sulteng sendiri kata dia, kontak pertama bisa diamati di Kabupaten Buol pukul 15:26:33.5 Wita dan terakhir dapat teramati juga di Buol pada pukul 17:25:55.8 Wita, dengan lama pengamatan 1 jam 59 menit 22,3 detik.

Khusus untuk wilayah Kota Palu lanjut Cahyo, kontak awal dengan gerhana terjadi pada pukul 15:30:45.8 Wita, puncak gerhana pada pukul 16.29.47.6 Wita dan kontak terakhir pada pukul 17:21:18.4 Wita dengan magnitudo gerhana 0,296.

“Disarankan tidak melihat tanpa alat bantu atau perantara,” kata Cahyo Nugroho mengimbau. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 367 times, 1 visits today)

News Feed