oleh

Kontraktor Optimis Proyek Pembangunan Jembatan V Kota Palu Selesai Tepat Waktu

PROSES pengerjaan Jembatan V Kota Palu di Sulawesi Tengah. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak kontraktor PT Bumi Duta Persada yang mengerjakan proyek pembangunan Jembatan V Kota Palu di Sulawesi Tengah menyatakan optimis akan selesai tepat waktu sesuai dengan adendum (perubahan kontrak) yang diberikan yakni pertengahan Juli 2020.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PT Bumi Duta Persada, Taufik Kamase kepada jurnalis, Sabtu (20/6/2020).

“Kami optimis Jembatan V Palu selesai tepat waktu,” ucapnya.

Menurut Taufik, pengerjaan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Tatura Utara dan Nunu ini tinggal satu tahap yaitu pengecoran.

“Sementara pemasangan gelagar dengan bentangan 50 dan berat 100 ton yang terpasang sebanyak delapan batang sudah selesai, itu merupakan pekerjaaan tersulit dalam pembuatan jembatan ini, kurangnya tenaga kerja diakibatkan tidak adanya transportasi udara saat pandemi merupakan kendala utama karena tenaga kerja yang digunakan untuk memasang dan mengoperasikan peralatan (louncer dan crane semuanya adalah tenaga kerja dari jawa (PT WIKA),” katanya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Palu, Hidayat, jembatan menjadi kebutuhan masyarakat saat ini selain memudahkan akses trasportasi dari dan menuju wilayah barat-timur, juga merupakan upaya pemerintah setempat mengurai kemacetan di dalam kota.

Pascagempa, tsunami dan likuefaksi melanda Palu, tingkat kepadatan kendaraan semakin bertambah.

Apalagi kata dia, jalur logistik yang membentang sekitar 7,2 kilometer di kawasan pesisir Teluk Palu ikut hancur termasuk jembatan Palu IV sebagai maskot Ibu Kota Provinsi Sulteng, sehingga dilakukan pengalihan jalur ke dalam kota.

“Sebelum bencana, tingkat kepadatan kendaraan cukup tinggi, sehingga sejumlah ruas jalan dalam kota di waktu-waktu tertentu terjadi kemacetan. Olehnya pemerintah mengambil langkah membangun jembatan guna memecah tumpukan kendaraan,” ungkap Walikota Hidayat.

Sebagaimana diketahui, jembatan ini mulai dikerjakan PT Bumi Duta Persada sejak Juni 2019 lalu dan akan menjadi salah satu ikon kota Palu dengan nama Jembatan Lalove. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 57 times, 1 visits today)

News Feed