oleh

Pemkab Donggala Raih Opini WTP

PIHAK Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Tengah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian kepada Pemerintah Kabupaten Donggala atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan 2019, Jumat (19/6/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten (pemkab) Donggala atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan 2019.

Pemkab Donggala berhasil meraih WTP LHP 2019 yang disampaikan oleh Kepala BPK Perwakilan Sulteng, Muhamin melalui zoom meting di ruang kerja Bupati Donggala Kasman Lassa, Jumat (19/6/2020).

Zoom Meeting yang berlangsung mulai pukul 09.00 Wita itu dihadiri Ketua DPRD Donggala Takwin dan pejabat forum komunikasi pimpinan daerah, Sekretaris Kabupaten Donggala Rustam Efendi, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para kabag, camat dan beberapa kepala desa.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan tersebut.

Bupati mengatakan, Pemkab Donggala segera menindaklanjuti rekomendasi BPK yang dimuat dalam LHP BPK sekaligus sebagai bahan evaluasi atau pengawasan sesuai tugas dan fungsi masing-masing OPD untuk mewujudkan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih akuntabel serta transparan.

Bupati menjelaskan, terdapat enam langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, yaitu penerapan anggaran berbasis kinerja.

Kemudian kebijakan mengenai pengadaan SDM di bidang akuntansi dan penerapan sistem pembukuan keuangan negara yang terpadu secara utuh dan menyeluruh.

Dibentuk pula Komite Akuntabilitas Publik atau KAP agar dapat mendorong DPRD menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK dan memantau pelaksanaan APBD secara keseluruhan.

Disamping itu kata dia, membangun sistem aplikasi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah terintegrasi dan handal dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin canggih. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 36 times, 1 visits today)

News Feed