oleh

Ada Isu Gempa Besar 13 SR di Morowali, BMKG: Hoaks!

SultengTerkini.Com, MOROWALI– Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) buru-buru merespon isu yang meresahkan masyarakat di media sosial mengenai prediksi gempa bumi di Kabupaten Morowali dengan kekuatan 13 Skala Richter (SR).

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Cahyo Nugroho dalam keterangan resminya, Jumat (19/6/2020) malam menegaskan, gempa bumi dapat terjadi setiap saat.

Namun kata dia, hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi kapan gempa bumi akan terjadi. Bahkan sampai menentukan kapan waktu kejadian gempa bumi.

Dia mengatakan, gempa bumi sangat besar yang pernah terjadi di Indonesia adalah kejadian di Aceh tahun 2004, itupun dengan kekuatan 9,3 SR, dan sumber gempanya berasal dari zona pertemuan lempeng.

Cahyo menegaskan, di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara tidak terdapat daerah pertemuan lempeng, sehingga isu akan terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 13 SR adalah tidak benar alias hoaks.

Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menanggapi isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait dengan prediksi gempa bumi dan memperhatikan informasi resmi dari BMKG.

“Mohon masyarakat untuk tenang dan tetap waspada,” kata Cahyo Nugroho mengimbau. HAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 230 times, 1 visits today)

News Feed