oleh

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Morowali Pagi Ini

SultengTerkini.Com, MOROWALI– Wilayah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik, Selasa (16/6/2020) pagi.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa  terjadi pada pukul 07:36:32 Wita berkekuatan magnitudo 4,9.

Dia mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,76 LS dan 122,18 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 kilometer (km) arah Tenggara Morowali, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Rahmat Triyono menuturkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Dia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan oblique turun (oblique-normal fault).

Menurutnya, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Morowali dan Bungku IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Malili dan Kurisa II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Rahmat menambahkan, gempabumi susulan hingga Senin pukul 08.11 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo terbesar M=3,5 (aftershock).

Kepada masyarakat dia mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 714 times, 1 visits today)

News Feed