oleh

Kades Pangi dan Satu Warganya Hilang Tenggelam di Laut Tanjung Tolitoli

KAPOLRES Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina bersama sejumlah anggotanya dan Basarnas Tolitoli di Mapolsek Baolan, Sabtu (6/6/2020) malam. FOTO: POLRES TOLITOLI

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Kepala Desa Pangi Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah bersama seorang warganya dikabarkan hilang tenggelam saat mencari ikan di Laut Tanjung, Kelurahan Nalu, Sabtu (6/6/2020).

Kapolres Tolitoli, AKBP Budhi Batara Pratidina kepada SultengTerkini.Com, Ahad (7/6/2020) menjelaskan, tenggelamnya Kades Pangi bernama Rahman (35) dan Kahar (32), seorang warganya diketahui setelah ada laporan dari Moh Juki (45) di Mapolsek Baolan.

Dari keterangan Moh Juki, kejadian berawal pada Sabtu (6/6/2020) sekira jam 21.00 Wita, Kepala Desa Pangi Rahman bersama dengan empat warganya yaitu Kahar, Moh Juki, Moh Nur Yasin, dan Muhklis berangkat dari Desa Pangi untuk mencari ikan di laut Tanjung Tolitoli.

Setelah sampai di Tanjung Tolitoli mereka membagi dua kelompok, dimana pukat pertama digunakan Kepala Desa Pangi dan Kahar, sedangkan pukat kedua dipakai Moh Juki, Nur Yasin, dan Muhklis.

Tiba-tiba Kades Pangi terbawa arus dan tidak bisa berenang ke tepian, sementara Kahar yang berusaha menolong juga ikut tenggelam dan sempat berteriak minta tolong.

Mendengar teriakan minta tolong dari Rahman dan Kahar, Moh Juki dan Nur Yasin berusaha menolong. Sempat Moh Juki memegang tangan Kahar, tapi  tersangkut, terlilit tali pukat dan tidak bisa menguasai dirinya, sehingga tidak bisa menolong Kahar. Moh Juki selamat setelah berhasil ditolong Nur Yasin berenang ke tepian.

“Setelah ada laporan Kapolsek Baolan, Iptu Siswanto, saya langsung memerintahkan untuk berkoordinasi dengan Kapolsubsektor KP Dede Tolitoli dan Timsar Basarnas Tolitoli, bersama-sama ke TKP melakukan pencarian,” kata Kapolres Budhi Batara, Ahad.

Karena terkendala derasnya arus laut, maka pencarian pada Sabtu kemarin dihentikan dan dilanjutkan pada hari ini.

“Hari ini kembali dilakukan pencarian oleh personel Polres Tolitoli, Polsek Baolan, Kapolsubsektor KP Dede Toitoli dengan menggunakan kapal patroli dan Basarnas Tolitoli menggunakan satu perahu karet,” katanya.

SEJUMLAH personel kepolisian dan Basarnas Tolitoli saat melakukan pencarian kades dan seorang warga Pangi yang hilang tenggelam saat mencari ikan di Laut Tanjung, Ahad (7/6/2020). FOTO: POLSEK BAOLAN

Sementara itu secara terpisah, pihak Basarnas mengaku telah menerima laporan hilagnya kades dan seorang warga Desa Pangi pada Ahad dini hari.

Kepala Basarnas Palu, Basrano mengatakan, menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya mengerahkan satu tim rescue unit siaga SAR Tolitoli ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban.

Tiba di lokasi kejadian, tim rescue melakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk selanjutnya memulai pencarian pada Ahad pagi tadi.

“Pencarian dilakukan dengan cara menyisir di sekitar pesisir pantai Tanjung Tolitoli arah barat dari lokasi kejadian dengan menggunakan perahu karet beserta beberapa perahu milik nelayan setempat,” kata Basrano. MRZ/CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 171 times, 1 visits today)

News Feed