oleh

Polres Palu Tangkap Penipu Via Medsos, Kerugian Rp 100 Juta

APARAT Satuan Reserse Kriminal Polres Palu menangkap seorang pria di wilayahnya (pakai baju oranye) lantaran kasus dugaan penipuan via media sosial WhatsApp, Kamis (4/6/2020). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Palu di Sulawesi Tengah (Sulteng) menangkap seorang pria di wilayahnya lantaran kasus dugaan penipuan via media sosial (medsos) WhatsApp.

“Pelakunya berinisial RD (37),” kata Kapolres Palu, AKBP Moch Sholeh kepada sejumlah jurnalis, Kamis (4/6/2020).

Kapolres Sholeh mengatakan, pelaku RD ditangkap pada Rabu (3/6/2020) sore di wilayah Kecamatan Tatanga.

Dia mengatakan, pelaku RD ditangkap karena diduga melakukan penipuan via medsos dengan mengaku seseorang, sehingga memperoleh keuntungan dari aksinya tersebut.

Korban dalam kasus itu kata kapolres, ada dua orang yang merupakan petinggi partai politik di Sulteng.

“Dari aksinya itu taksiran kerugian Rp 100 juta,” sebut Moch Sholeh.

Saat ini kata dia, pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut, termasuk berkoordinasi dengan polda lain karena tidak menutup ada pelaku lain yang terlibat.

Adapun barang bukti yang diamankan dalam kasus itu berupa selembar baju, sebuah songkok, sebuah kartu ATM, 11 kartu SIM seluler, empat pembungkus kartu, lima potongan kartu SIM seluler, dua lembar struk BRILink, dan dua lembar struk transfer tunai.

“Atas perbuatannya tersangka ditahan dan dikenakan pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau penipuan sebagaimana dalam pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun,” tegas mantan Kapolres Banggai itu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 120 times, 1 visits today)

News Feed