oleh

666 Lansia di Sulteng Dapat Bansos

WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg Palabbi (ketiga dari kiri) memimpin jumpa pers di ruang kerjanya terkait puncak peringatan Hari Lansia Nasional ke XXIV, Jumat (29/5/2020). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Dengan mengikuti aturan protokol Gugus Tugas Covid-19, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Baco Dg Palabbi menggelar jumpa pers bertempat di ruang kerjanya, Jumat (29/5/2020).

Jumpa pers yang dilaksanakan merupakan puncak peringatan Hari Lansia Nasional ke XXIV yang jatuh pada 29 Mei 2020 dengan mengangkat tema “Negara Hadir untuk Lansia”.

Dalam jumpa pers itu, Wagub Rusli didampingi Kepala Dinas Sosial, Ridwan Mumu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng, Maria Ernawati, dan Kepala Harian Komda Lanjut Usia (Lansia), Hasan Tawil.

Selaku Ketua Komda Lansia Sulteng, Wagub Rusli Palabbi terlebih dahulu memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Sosial dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng selaku mitra yang telah banyak membantu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sulteng, Ridwan Mumu menjelaskan, dinas yang dipimpinnya terdiri dari lima bidang, yang salah satunya Bidang Rehabilitasi Sosial yang diantaranya memberikan pelayanan kepada lansia dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosial dengan syarat, lansia tersebut berada di panti sosial.

“Sebanyak 1.972 orang lansia telah kami ajukan ke pihak kementerian, akan tetapi hanya 666 orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (bansos) yang terbagi pada 10 LKS (lembaga kesejahteraan sosial) se Sulteng,” katanya.

Dia mengatakan, untuk tahun 2020 mereka yang telah berusia di atas 70 tahun baru dikategorikan lanjut usia.

Kadis Sosial juga mengakui memberikan bantuan Rp 100 ribu per bulan selama setahun bagi lansia yang masuk dalam kriteria.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati menyatakan telah melakukan pembinaan kepada 781 keluarga yang salah satu anggota keluarganya masuk kategori lansia.

Dalam masa pandemi Covid-19, pihaknya telah membagikan 2.000 masker serta paket sembako.

Sebelum mengakhiri konferensi pers, Ketua Komda Lansia Sulteng yang juga Wagub Rusli Palabbi menyampaikan dalam waktu dekat mengunjungi LKS untuk menyerahkan sembako atas dukungan Dinas Sosial sekaligus mengucapkan selamat HUT Lansia yang ke-XXIV. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 47 times, 1 visits today)

News Feed