oleh

Nasdem Touna Canangkan Program Ayo Berkebun

KETUA Harian DPD Partai Nasdem Tojo Unauna, Mahmud Lahay yang didampingi Ketua Fraksi NasDem, Jafar M Amin dan anggota DPRD dari Partai Nasdem Rahmatia Zakaria saat melakukan penanaman umbi, Jumat (29/5/2020). FOTO: MOH SAFA’AD/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, AMPANA– Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Tojo Unauna (Touna) pada Jumat (29/5/2020) melakukan pencanangan Ayo Berkebun di Desa Balanggala, Kecamatan Ampana Tete.

Pencanangan tersebut diawali dengan penanaman umbi dan pisang yang ditanami langsung oleh Ketua Harian DPD Partai NasDem Touna, Mahmud Lahay yang juga Ketua DPRD Touna didampingi Ketua Fraksi NasDem, Jafar M Amin dan anggota DPRD dari Partai Nasdem, Rahmatia Zakaria.

Pencanangan Ayo Berkebun tersebut dilakukan sebagai wujud nyata dari tagar #Ayo Berkebun yang digalakkan baru-baru ini dalam rangka memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Mahmud Lahay mengatakan, ada dua dampak yang dirasakan masyarakat akibat Covid-19 diantaranya adalah dampak kesehatan dan ekonomi.

Soal dampak kesehatan, pihak Dinas Kesehatan sangat serius bekerja sehingga sampai hari ini Touna masih nihil kasus positif Covid-19.

Namun kata dia, yang perlu dipikirkan secara serius adalah dampak ekonominya, meskipun ditahu bahwa pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan desa sudah mengucurkan bantuan langsung tunai dan sembako, namun bantuan ini hanya sampai September.

Olehnya kata dia, harus ada langkah-langkah yang semestinya dipikirkan pemerintah daerah untuk masyarakat sehingga dampak ekonomi ini bisa teratasi.

“Hari ini Partai NasDem telah memulai program Ayo Berkebun, ini bersifat imbauan kepada masyarakat agar mari bersama-sama berkebun memanfaatkan lahan tidur masing-masing untuk ditanami tanaman yang bisa kita konsumsi seperti umbi, pisang dan lain-lain supaya kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi,” katanya.

“Yang melaut silakan melaut, yang bertani silakan bertani, kita jadikan aktivitas kita seperti biasa, namun tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Pencanangan Ayo Berkebun ini kata dia, tidak hanya dilakukan lewat partai saja, akan tetapi Fraksi NasDem akan mendorong pemerintah daerah untuk melakukan terobosan di sektor pertanian.

“Kita akan dorong secepat mungkin agar pemerintah daerah menyediakan bibit, dan menyediakan fasilitas pertanian seperti traktor yang bisa mempercepat petani untuk berkebun, dan proses pengoperasian alat-alat pertanian ini tidak perlu dibebankan kepada masyarakat, pokoknya masyarakat tinggal menanam saja,” katanya.

Dia juga mengimbau bagi warga yang akan berkebun agar belum memikirkan hasil panennya dijual dimana minimal sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Sementara itu, Ketua Fraksi NasDem DPRD Touna, Jafar M Amin juga menambahkan, pencenangan Ayo Berkebun ini sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat sekaligus berharap agar program ini sepenuhnya didukung anggota DPRD, sehingga bisa menjadi program pemerintah daerah.

“Dari Fraksi Partai NasDem sendiri akan berupaya mendorong program ini, sebab kita belum tahu wabah Covid-19 ini akan berakhir kapan, minimal kita telah melakukan upaya dalam mengatasi dampak ekonomi,” tuturnya. SAF

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 43 times, 1 visits today)

News Feed