oleh

Ternyata, Ini Lho Manfaat Tidur Tanpa Bantal! Penasaran?

Pixabay.com

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Saat tidur, kamu termasuk tim yang mana nih? Apakah tim pakai bantal, atau tim tanpa bantal? Ternyata, tidur tanpa menggunakan bantal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Saat kita tidur, umumnya masing-masing dari kita memiliki preferensi masing-masing, ya. Ada yang harus tidur dengan bantal dan guling yang mengelilingi tubuh plus selimut yang tebal, ada yang tidak bisa tidur tanpa guling, ada yang harus tidur dengan keadaan kamar gelap atau terang, hingga ada yang harus tidur tanpa menggunakan bantal.

Namun, tahukah kamu? Ternyata, jika kita tidur tanpa menggunakan bantal sebagai penyangga kepala, hal ini memiliki manfaat untuk kesehatan kita, lho! Mungkin terkesan sepele, tapi inilah beberapa manfaat tidur tanpa bantal:

1. Mencegah Syndrome Kepala Datar pada Bayi

Saat kita bayi atau saat kita memiliki buah hati, alangkah baiknya jika kita membiarkan bayi tidur tanpa bantal. Mengapa? Karena ternyata, tidur tanpa bantal mampu mencegah syndrome kepala datar pada bayi, lho! Ketika bayi dibiarkan tidur tanpa bantal, maka kepala bayi akan menjadi lebih rata dan tidak mengalami perubahan bentuk akibat bantal sebagai penyangga.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Tidur tanpa menggunakan bantal dapat membuat bentuk tulang belakangmu menjadi lurus, karena letak leher sampai pinggang akan setara. Akibatnya, kamu pun bisa memperbaiki postur tubuhmu menjadi lebih baik. Namun, saat kamu tidur dengan posisi tengkurap, kamu bisa meletakkan bantal di bagian punggung untuk membuat tulang belakang menjadi lebih baik, ya.

3. Mencegah Nyeri pada Leher dan Punggung

Selain memperbaiki postur tubuh, tidur tanpa bantal juga mampu mencegah timbulnya nyeri pada leher dan punggung lho! Ini disebabkan karena posisi leher yang lurus dan postur tubuh yang sejajar sehingga istirahatmu pun lebih berkualitas. Jika seluruh tubuh dalam posisi rileks, tentunya nyeri pada leher dan punggung tidak akan kamu rasakan.

4. Mengurangi Alergi

Saat kamu menggunakan bantal, partikel-partikel kecil seperti debu pun bisa menempel pada permukaan bantal sehingga bisa saja memicu alergi. Jika kamu tidur tanpa bantal, tentunya debu maupun kotoran tidak akan langsung bersentuhan dengan kulitmu dan bisa membuat alergimu tidak kambuh.

5. Mencegah Jerawat dan Kerutan pada Wajah

Jika kamu menggunakan bantal, umumnya kamu terbiasa menempelkan salah satu sisi wajah ke permukaan bantal. Padahal, bantal bisa saja merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran serta perkembangbiakkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Kebiasaan ini juga dapat memungkinkanmu memiliki kerutan karena tekanan kepala di bantal sepanjang malam.

Oleh karena itu, tidur tanpa bantal dapat meminimalisir timbulnya jerawat dan kerutan pada wajahmu, karena wajah tidak bersentuhan langsung dengan permukaan bantal yang mungkin memiliki banyak kotoran dan bakteri.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 40 times, 1 visits today)

News Feed