oleh

Akhirnya, Azan Berkumandang di Birmingham Saat Idul Fitri

Foto: Getty Images/Christopher Furlong

SultengTerkini.Com, BIRMINGHAM– Azan berkumandang di Kota Birmingham lewat pengeras suara untuk kali pertamanya dalam sejarah. Azan akan kembali dikumandangkan pada saat Idul Fitri.

Azan pertama dengan pelantang suara itu dikumandangkan pada Jumat (22/5/2020) tepat pada pukul 13:30. Azan dilantangkan lewat pengeras suara eksternal oleh masjid untuk menandai Jumat terakhir bulan Ramadan.

Dewan Kota Birmingham menyetujui permintaan dari masjid-masjid setelah mendengar bagaimana “Azan bisa diperdengarkan dan kepastian diberikan dalam waktu tertentu dan saat yang meresahkan”. Dewan Kota juga menyampaikan terima kasih atas aksi komunitas telah bergabung melawan Virus Corona.

Kendati bisa mengumandangkan Azan, namun seperti halnya semua lembaga agama, masjid tetap tertutup bagi jemaah. Doa-doa disiarkan kepada jamaah di rumah melalui media sosial.

“Ini adalah pertama kalinya hal seperti ini dilakukan di Birmingham,” kata Ketua Pengawas Masjid, Mohammed Saeed, seperti dikutip Birmingham Mail.

“Azan memiliki tempat khusus di hati umat Islam dan merupakan isyarat yang indah dari Dewan Kota untuk memungkinkan Azan dilakukan dengan pengeras suara pada hari Jumat dan Idul Fitri,” dia menambahkan.

Azan akan kembali dikumandangkan pada hari raya Idul Fitri saat Salat Zuhur pada hari Ahad (24/5).

Azan juga dikumandangkan dari balkon Masjid Jamia Tengah Ghamkol Sharif di Small Heath.

John Cotton, anggota Kabinet untuk Inklusi Sosial, Keselamatan Masyarakat dan Kesetaraan, dan Wali Kota Mohammed Azim memberikan dalam pernyataan dalam sebuah surat bersama.

“Itulah sebabnya Ramadan ini, dewan telah setuju untuk mendukung permintaan dari beberapa masjid kota untuk mengumandnagkana dzan melalui pembicara eksternal selama dua menit pada hari Jumat Ramadan terakhir (22 Mei), dan dua menit pada hari Idul Fitri untuk Doa Dhu (doa sore).”

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 27 times, 1 visits today)

News Feed