oleh

Nangka Terbesar di Dunia Ini Beratnya 51.4 Kg

SultengTerkini.Com, KERALA– Keluarga di Kollam ini mendapati sebuah nangka besar di kebun belakang rumahnya. Nangka raksasa ini setelah ditimbang beratnya 51.4 kg.

Selama masa pandemi Corona banyak orang mulai memanfaatkan hasil kebun untuk makanan sehari-hari. Bahkan beberapa orang mulai bercocok tanam untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Hal ini juga dilakukan oleh sebuah keluarga di desa Edamulakkal, Kollam, Kerala, India. Dilansir dari video Youtube @ANI keluarga ini menemukan nangka yang tumbuh di halaman belakang rumah mereka besar sekali.

Untuk memetik dan menurunkan nangka ini harus diikat dengan tali tambang yang besar karena ukurannya besar sekali. Merekapun mengukur dan menimbang nangka raksasa tersebut.

Nangka tersebut beratnya 51.4 kg dengan panjang 97 cm. Rata-rata nangka normal beratnya 12 kg dengan panjang sekitar 35 cm. Sementara itu John Kutty dari Edamulakkal menyebutkan jika mereka akan mengajukan pencatatan nangka tersebut ke Guiness World Records sebagai nangka terberat dan terbesar di dunia.

Menurut catatan Guiness World Records, nangka terberat yang pernah dicatat sebagai rekor dunia, beratnya 42.72 kg. Nangka ini berasal dari Pune, Maharashtra dan dicatat pada tanggal 23 Juni 2016 dengan panjang 57.15 cm dan lingkarnya 132.08 cm. Rekor ini dipegang oleh perkebunan Jackfruit Company.

Nangka muda sendiri kini sedang digemari sebagai pengganti daging merah. Karena gaya hidup sehat tanpa produk hewani sedang marak di dunia. Ditambah lagi kandungan nutrisi nangka yang lengkap. Nangka mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin C dan vitamin B, serta kalium, zat besi, mangan, magnesium, zinc dan fosfor.

Karenanya saat pandemi corona menerpa India, masyarakat di sana takut mengonsumsi ayam yang dianggap sebagai penyebar virus corona. Mereka beralih mengonsumsi nangka muda yang berakibat harga nangka muda naik berlipat-lipat. Nangka muda memiliki tekstur empuk berserat mirip daging ayam sehingga digemari sebagai pengganti daging ayam.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 22 times, 1 visits today)

News Feed