oleh

KPU Touna Tunda Empat Tahapan Pilkada Serentak

Dirwan Syahputra

SultengTerkini.Com, AMPANA– Menanggapi kondisi yang ada saat ini dalam penyebaran Covid-19, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan penundaan empat tahapan terkait pelaksanaan pilkada serentak 23 September 2020 mendatang.

Ketua KPU Touna, Dirwan Syahputra saat dihubungi jurnalis SultengTerkini.Com melalui telepon selulernya, Rabu (25/3/2020) mengatakan, empat tahapan itu yakni, masa kerja PPS dan sekretariat PPS, verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan, rekrutmen pemutahiran data pemilih serta pemutakhiran daftar pemilih.

Menurut dia, penundaan empat tahapan pilkada serentak itu bersandar pada Surat Keputusan KPU RI Nomor 179 tentang Tahapan Penyelenggaraan.

Terkait dengan itu kata Dirwan, KPU Touna merespon Surat Keputusan KPU RI dengan menerbitkan SK Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penundaan Tahapan Pilkada serentak.

Dia mengatakan, dalam SK tersebut menyatakan bahwa penundaan itu dimulai pada 23 Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

Selain itu, Dirwan mengatakan, SK yang diterbitkan oleh KPU RI itu berlaku bagi 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak, termasuk Touna.

“Jadi penundaan tersebut tidak mengubah tanggal dan bulan pelaksanaan atau voting day,” katanya.

Sebab kata dia, voting day itu diatur oleh undang-undang, dan hanya perppu yang bisa membatalkan jika dilihat dari kondisi saat ini.

“Hanya Presiden yang bisa membatalkan dengan menerbitkan perppu dan KPU RI merevisi PKPU tahapan,” pungkasnya. SMS

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 45 times, 1 visits today)

News Feed