oleh

Pendaftaran Calon Polisi di Sulteng Diperpanjang, Verifikasi Berkas di Polres Ditunda

SEJUMLAH calon polisi saat melakukan verifikasi di Polres Palu pada pekan lalu. FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Mabes Polri memperpanjang masa pendaftaran calon polisi di Tanah Air, tidak terkecuali di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Iya pendaftaran diperpanjang hingga 6 April 2020 mendatang,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng, Kombes Polisi Harry Haryadi Badjuri kepada SultengTerkini.Com, Senin (23/3/2020).

Harry Haryadi mengatakan, berkaitan dengan mewabahnya Covid-19 atau Virus Corona di Tanah Air, maka pihak Mabes Polri mengeluarkan kebijakan yakni pendaftaran secara online hingga hari ini masih tetap berlangsung.

Tetapi kata dia, verifikasi berkas di polda dan seluruh polres sementara ditutup.

“Silahkan masyarakat mendaftar, tetapi untuk penyerahan atau pemeriksaan berkas di polda/polres sementara ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Dia mengatakan, setiap peserta jika sudah mendaftar online punya waktu empat hari untuk verifikasi yakni menyerahkan berkas-berkas ke polda/polres.

Namun hal itu tidak diberlakukan lagi. Dimana sekarang batas empat hari dihilangkan, dan waktu verifikasi akan ditentukan kemudian berkaitan dengan merebaknya wabah Covid-19.

“Itu dulu, mulai hari ini daftar online tidak ada kedaluwarsanya, tetapi untuk verifikasi menunggu pengumuman berikutnya. Jadi silakan mendaftar online, bisa dari mana saja,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Polri melalui Polda Sulteng telah membuka kesempatan bagi putra putri terbaik daerah untuk berkarir sebagai anggotanya dengan berlandaskan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis atau Betah.

Harry Haryadi mengatakan, pendaftaran calon anggota Polri yang dibuka itu mulai dari tingkat tamtama, bintara hingga taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

Menariknya, dalam penerimaan tahun 2020 ini, ada formasi untuk bintara pramugari dan bidan.

Selain pramugari dan bidan, formasi bintara lain yang dibuka ada bintara Polair, teknologi informasi, musik, penerbang atau pilot, penyidik pembantu, olahraga, agama, tata boga, dan bintara perawat.

Dia mengatakan, informasi dan pendaftaran online melalui website Polri: www.penerimaan.polri.go.id.

Khusus untuk jalur bintara pramugari bersumber dari ijazah SMA/SMK/Madrasah Aliyah, D-III/D-IV/S-1 serta memiliki sertifikat lembaga pendidikan dan keterampilan pramugari.

Kemudian tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) untuk wanita 165 cm.

Sementara untuk formasi bintara bidan ketentuannya diantaranya berijazah D-III bidan, mempunyai surat tanda registrasi atau STR yang masih berlaku dan memiliki sertifikat Basic Cardiovasculer Life Support atau Basic Trauma Life Support dengan IPK minimal 2,75 dan prodi terakreditasi.

Selanjutnya ketentuan lainnya, tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) untuk wanita 160 cm, khusus ras melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 158 cm.

Jadi bagi yang ingin menjadi anggota Polri ayo segera daftar. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

Informasi lebih lanjut kunjungi kantor Biro SDM Polda Sulteng Jalan Sam Ratulangi No 78, Kota Palu atau kunjungi polres terdekat,” pungkas Harry Haryadi. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 41 times, 1 visits today)

News Feed