oleh

Polisi Tangkap Mahasiswa di Palu Kasus Penimbunan BBM

KAPOLSEK Palu Timur AKP Laata (kanan) dan anggotanya menyita ratusan liter bahan bakar minyak dari sebuah kios di Jalan RE Martadinata, Selasa (17/3/2020). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Aparat Polsek Palu Timur di Kota Palu, Sulawesi Tengah menangkap seorang mahasiswa di wilayahnya lantaran terlibat dalam kasus dugaan penimbunan bahan bakar minyak (BBM).

Mahasiswa yang ditangkap itu diketahui berinisial As alias Ad (23), warga Jalan RE Martadinata, Kecamatan Mantikulore.

Kapolres Palu, AKBP Moch Sholeh melalui Kapolsek Palu Timur, AKP Laata yang dikonfirmasi jurnalis SultengTerkini.Com per telepon selulernya mengatakan, mahasiswa As itu ditangkap di kiosnya Jalan RE Martadinata pada Selasa (17/3/2020) sore sekira pukul 17.00 Wita.

Dia mengatakan, pengungkapan kasus itu berkat informasi warga yang resah dengan aktivitas pelaku yang menimbun BBM secara ilegal tersebut.

“Pelaku melakukan penjualan bahan bakar bersubsidi berupa solar dan bensin tanpa izin,” katanya.

Modusnya kata Kapolsek Laata, pelaku As membeli BBM dari sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Palu kemudian dibongkar di belakang kiosnya untuk selanjutnya diperjualbelikan.

“Tadi jeriken kosong ada sekitar 30 buah di rumahnya. Aksi kejahatan pelaku ini sudah berjalan cukup lama,” katanya.

Dari tangan As, polisi menyita ratusan BBM jenis solar dan bensin, rinciannya sembilan galon berisi bensin ukuran 30 liter sebanyak 270 liter, dua galon solar ukuran 30 liter sebanyak 60 liter, 18 galon solar ukuran lima liter sebanyak 85 liter.

“BBM yang disita sebanyak 415 liter, terdiri dari 270 liter bensin dan 145 solar,” kata mantan Kapolsek Palu Utara itu.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti tersebut dibawa ke Mapolsek Palu Timur guna diproses hukum lebih lanjut.

“Untuk penetapan status tersangka nanti polres yang tentukan, karena barang bukti dan penjualnya kami serahkan ke polres,” tutur orang pertama di Polsek Palu Timur itu.

Atas perbuatannya, pelaku As dikenakan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 280 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed