oleh

Dua Tahun Poso Raih Penghargaan Pembangunan Terbaik se Sulteng

KEPALA BADAN Bapelitbangda Kabupaten Poso, Herningsih Tampai bersama Sekretaris Kabupaten Poso, Yan E Guluda. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, POSO– Bukan sebatas kata-kata, tetapi tindakan dan kerja nyata yang terus dilakukan.

Kalimat ini rasanya pantas dan layak disematkan atas kepemimpinan Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu.

Pasalnya, selama dua tahun berturut-turut, mulai tahun 2019 hingga 2020 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso mampu meraih predikat terbaik dalam hal penghargaan pembangunan dari 12 kabupaten plus satu kota se Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Poso, Herningsi Tampai mengatakan, bentuk penghargaan pembangunan terbaik ini akan diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola pada kegiatan musyawarah perencanaan dan pembangunan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang rencana digelar pada medio April 2020.

“Selama dinakhodai Bapak Bupati Poso saat ini, Pemkab Poso bisa menjadi yang terbaik di Sulawesi Tengah, dengan predikat penghargaan Pembangunan terbaik,” ungkap Herningsih saat ditemui jurnalis media ini, Jumat (13/3/2020).

Atas penghargaan tersebut kata Herningsih, pihaknya akan ke Jakarta memenuhi undangan pihak Bappenas RI.

Dimana Kabupaten Poso akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah untuk maju dalam penilaian di tingkat nasional dalam hal penghargaan pembangunan terbaik.

Herningsih mengatakan, penghargaan ini bukan tanpa alasan yang kuat. Adapun penghargaan ini bagian dari berbagai prestasi Pemkab Poso di bawah kepemimpinan Darmin Agustinus Sigilipu dalam upaya membangun daerahnya.

Dia menuturkan, sejumlah prestasi pembangunan yang telah diraih sehingga Pemkab Poso meraih penghargaan ini antara lain, keberhasilan Kabupaten Poso untuk kali kedua dalam penilaian pembangunan daerah didukung oleh perencanaan pembangunan yang telah terintegrasi dengan pengelolaan keuangan.

Kemudian, pencapaian atas indikator makro daerah yaitu, pertumbuhan ekonomi yang naik sejak tahun 2016, tingkat pengangguran menurun sejak tahun 2016, angka kemiskinan menurun signifikan sejak 2016, indeks pembangunan manusia yang naik signifikan sejak 2016.

Lalu ada pengelolaan keuangan opini Wajar Tanpa Pengecualian hasil penilaian Badan Pemeriksa Keuangan, akuntabilitas nilai Sakip B hasil penilaian Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, pelayanan publik Kabupaten Poso masuk zona hijau dengan nilai 95,95 hasil penilaian Ombudsman.

Berikutnya juga ada keberhasilan Kabupaten Poso dalam melakukan eliminasi Schistosomiasis melalui Inovasi Daerah Gema Beraksi (Gerakan Masyarakat Mandiri Berantas Keong Schistosomiasis) yang digagas oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Poso. FAI

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 104 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed