oleh

Musda Golkar Sulteng Siap Digelar, Arus Abdul Karim Calon Terkuat

DARI kiri ke kanan, Sekretaris Panitia Musda Farid Djavar Nasar, Sekretaris DPD I Golkar Sulteng Amran Bakir Nai, dan Ketua Panitia Ricky Tutuhatunewa saat jumpa pers di kantornya Jalan Muhammad Yamin, Kota Palu, Sabtu (22/2/2020). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Musyawarah Daerah (Musda) X DPD I Partai Golkar Sulawesi Tengah (Sulteng) siap digelar di Hotel Santika, Kota Palu pada Ahad (23/2/2020) besok malam.

Pihak panitia menyebut, kesiapan menyambut musda partai berlambang beringin tersebut sudah rampung 100 persen.

“Kalau kesiapan panitia sampai hari ini boleh dikatakan sudah 100 persen, tinggal menunggu kehadiran dari DPD II untuk masuk ke Hotel Santika,” tutur Sekretaris Panitia Musda, Farid Djavar Nasar Farid di kantor DPD I Golkar Sulteng, Jalan Muhammad Yamin, Kota Palu, Sabtu (22/2/2020).

Farid yang mendampingi Ketua Panitia, Ricky Tutuhatunewa itu mengatakan, musda ke X DPD I Golkar Sulteng itu dibuka pada Ahad (23/2/2020) malam bertempat di Hotel Santika dan akan berlangsung selama tiga hari hingga 25 Februari 2020.

Sementara yang membuka acara musda besok adalah unsur DPP Partai Golkar mewakili Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Meski berhalangan hadir di acara pembukaan, namun Ketua Umum Airlangga Hartarto sudah memberi kabar kepada pihak panitia bahwa akan hadir pada saat pelantikan pengurus DPD I Golkar Sulteng hasil musda tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPD I Golkar Sulteng, Amran Bakir Nai menambahkan, substansi dari musda adalah melakukan evaluasi terhadap pertanggungjawaban ketua DPD Golkar Sulteng periode 2015-2020.

“Selain itu dalam musda nanti juga dilakukan pemilihan kembali siapa yang menakhodai partai ini untuk lima tahun kedepan masa bakti 2020-2025,” katanya.

Untuk calon ketua, Partai Golkar memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh kader terbaik yang ingin maju selama memenuhi persyaratan.

Menurut Amran, dalam Partai Golkar itu ada persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh para kandidat ketua.

Persyaratan umum itu bersifat normatif diantaranya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sehat jasmani rohani, tidak terlibat G30S/PKI.

Sementara persyaratan khusus kata Amran, memang terbilang berat yakni harus lima tahun berturut-turut sebagai kader, kemudian masuk dalam bingkai PDLT atau prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela.

“Jadi memang sangat ideal untuk seorang figur pimpinan,” kata pria berkacamata ini.

Menjelang musda besok, sejumlah nama calon ketua DPD I Golkar Sulteng mulai bermunculan seperti Arus Abdul Karim, Yus Mangun, Jemmy Hosan, Hasyim Haddado, dan lain-lain.

“Tidak menutup kemungkinan ada juga calon dari DPD-DPD II,” kata Amran.

Meski bermunculan sejumlah nama calon ketua, namun dia mengungkapkan, ada semangat yang terbangun saat rapat pimpinan daerah Partai Golkar beberapa waktu lalu di Hotel Santika Palu itu, yakni beberapa peserta DPD-DPD II meminta kesediaan Arus Abdul Karim untuk kembali memimpin Golkar lima tahun kedepan.

Adapun suara yang diperebutkan dalam musda besok sebanyak 19 suara berasal dari unsur DPP satu suara, satu suara dari Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar, DPD I demisioner satu suara, 13 suara dari DPD II kabupaten dan kota.

Kemudian sayap partai yakni Kesatuan Perempuan Partai Golkar dan Angkatan Muda Partai Golkar satu suara.

Lalu ada satu suara gabungan dari Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong, dan Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong sebagai organisasi yang mendirikan Partai Golkar.

Selanjutnya organisasi yang didirikan Partai Golkar yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia, Majelis Dakwah Islamiyah, dan Satuan Karya Ulama juga satu suara.

Dia menuturkan, untuk pendaftaran calon ketua itu hanya dilakukan pada saat agenda paripurna musda, bukan di luar arena musda.

“Syarat dari bakal calon ke calon didukung 30 persen dari total suara yang diperebutkan,” katanya.

Ketika pendaftaran dibuka dan hanya satu kandidat yang mendaftar lalu memenuhi syarat, maka yang bersangkutan langsung dinyatakan sebagai ketua terpilih. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 242 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed