oleh

Buah Kecapi dan 11 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Foto: iStock/Buah kecapi dan 11 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

SultengTerkini.Com, JAKARTA- Sebagian besar dari kamu sudah tidak asing lagi jika mendengar nama buah kecapi. Buah berukuran kecil yang identik dengan warna kuning gelap jika sudah masak, memiliki kulit yang cukup tebal serta biji yang sedikit besar pula. Kecapi juga memiliki rasa yang manis dan sedikit asam.

Buah kecapi saat ini sudah jarang sekali ditemukan. Padahal buah yang berukuran kecil ini banyak memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Harga buah kecapi ini juga masih tergolong murah, yakni sekitar Rp.15.000 sampai Rp.20.000 per kilogram.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah kecapi yang dirangkum dari beberapa sumber:
1. Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang terkandung pada buah kecapi efektif mengatasi masalah susah buang air besar (BAB). Serat pada buah kecapi ini efektif untuk mengubah tekstur feses dari yang sebelumnya keras menjadi lunak, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Meminimalisir penyakit kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang disebabkan dengan adanya serangan radikal bebas pada tubuh manusia. Zat antioksidan yang terkandung pada buah kecapi sangat bermanfaat untuk menimimalisir resiko kanker pada tubuh manusia jika rutin mengonsumsinya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi buah kecapi dengan cara memakannya langsung kamu akan mendapatkan kandungan zat antioksidan dan vitamin C. Memakan buah kecapi akan bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia agar lebih sehat.

4. Mengobati Alergi

Alergi disebabkan oleh hal yang berbeda-beda seperti debu, kosmetik, dan makanan. Efek yang ditimbulkan oleh alergi adalah munculnya rasa gatal dan ruam merah pada kulit. Alergi tidak bisa benar-benar sembuh. Namun, gejalanya bisa diredakan dengan mengonsumsi buah kecapi. Kecapi memiliki senyawa asam yang dapat mengobati alergi dengan rutin mengonsumsi buah kecapi.

5. Mengurangi Kolestrol

Kolestrol adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan berlemak. Untuk mengurangi kadar kolesterol pada tubuh, disarankan untuk mengurangi makanan berlemak dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan dan pektin. Keduanya bisa didapatkan jika mengonsumsi buah kecapi.

6. Melindungi Kesehatan Mulut

Mulut merupakan bagian terpenting bagi tubuh untuk dilindungi kesehatannya. Salah satu cara merawat mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Selain itu mengonsumsi buah kecapi dipercaya dapat merangsang produksi air liur lebih banyak yang dapat mengurangi tumbuhnya bakteri pada mulut, sehingga mulut kamu akan lebih sehat.

7. Mengatasi Demam

Demam merupakan penyakit yang hampir dirasakan semua kalangan. Gejala demam itu sendiri bisa berupa panas tinggi, pusing, badan menggigil dan lemas. Demam bisa diobati dengan meminum paracetamol. Namun, bagi kamu yang tidak menyukai obat bisa mengonsumsi buah kecapi yang bisa merangsang keluarnya keringat pada tubuh manusia sehingga deman bisa cepat menurun.

8. Mencerahkan dan menjaga kecantikan kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah kecapi dapat bermanfaat untuk mencerahkan dan menjaga kecantikan kulit. Membuat kulit tampak cerah dan bersih tidak perlu mahal dengan berbagai macam skincare. Mengonsumsi buah kecapi secara langsung dan rutin dapat merawat kulit kamu dengan alami. Kecapi juga dapat mengurangi penyakit kulit seperti kurap, kudis dan jamur pada kulit.

9. Menghindari Osteoporosis

Untuk menghindari osteoporosis, tubuh kamu membutuhkan kandung kalsium dan fosfor dan tinggi. Jika kesulitan untuk mencari kandungan tersebut pada makanan dan minuman, kamu dapat mengonsumsi buah kecapi. Kecapi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Jika kecapi dikonsumsi secara rutin, maka kamu akan terhindar dari osteoporosis.

10. Merawat Kesehatan Usus

Usus merupakan organ tubuh yang mudah terkena penyakit, seperti usus buntu. Untuk menghindari penyakit tersebut maka usus membutuhkan perkembangan bakteri baik didalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah kecapi yang bisa menumbuhkan perkembangan bakteri baik pada usus.

11. Mengurangi Obesitas

Obesitas merupakan penyakit berat badan yang berlebihan. Hal tersebut bisa memicu berbagai penyakit seperti jantung dan hipertensi. Untuk mengurangi hal tersebut, tubuh membutuhkan kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi buah kecapi dipercaya mengandung serat yang tinggi sehingga tubuh akan merasa kenyang dan terhindar dari makanan berlemak dan cemilan yang membuat tubuh menjadi gemuk.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 41 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed