oleh

Mendes: 50 Ribu Desa di Indonesia Berpotensi Bencana

Foto: Mendes Abdul Halim Iskandar di Bantul (Usman Hadi-detikcom)

SultengTerkini.Com, BANTUL– Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menuturkan ada 50 ribu desa di Indonesia yang berpotensi terjadi bencana. Halim menyebut data itu diperolehnya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kalau dari peta BNPB itu ada 50 ribu desa yang potensi bencana,” kata Halim kepada wartawan usai meluncurkan sanggar inovasi desa ‘BUMDES Panggung Lestari’ di Desa Panggungharjo, Bantul, Ahad (5/1/2020).

Namun, Halim tak merinci 50 ribu desa mana saja yang berpotensi terjadi bencana alam tersebut. Pemerintah, lanjut Halim, telah berupaya menanggulangi dampaknya dengan menyiapkan regulasi kebencanaan.

“Makanya kemudian kebijakan Kementerian Desa ada regulasi yang mengatur dibolehkannya penggunaan dana desa untuk tanggap darurat bencana,” tutur politikus PKB itu.

“Utamanya adalah untuk penyelamatan warga, jadi ini yang penting ya. Bencana apapun, di manapun, sesuai dengan seruan Bapak Presiden pertama yang dilakukan adalah penyelamatan warga,” lanjutnya.

Halim tak menjawab ketika ditanya jumlah desa yang terdampak bencana belakangan ini. Dia menuturkan sejumlah desa di Bogor dan Banten, Jawa Barat yang terdampak banjir sudah ditangani dengan baik.

“Kalau kemarin di wilayah Bogor, Banten itu (desa terdampak banjir) banyak, tetapi penanganannya sudah bagus,” paparnya.

Dia juga mengakui hingga kini masih ada desa yang terisolir akibat banjir. Namun, menurutnya jumlah desa yang masih terisolir tidak begitu banyak.

“Masih, masih (ada desa terisolir akibat banjir), tapi nggak banyak. Sampai dengan kemarin di Banten itu saja, di Lebak,” pungkas Halim.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed