oleh

Lima Fakta Minyak Bawang Putih, Melezatkan Masakan hingga Sehatkan Kulit

a8ebd59a-3348-4be3-9ce8-11d5a91f9279_169
Foto: iStock

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Bawang putih digunakan sebagai bumbu dapur yang membuat masakan lebih sedap. Tak hanya bawang utuh, minyak bawang putih ternyata juga baik untuk kesehatan!
Bawang putih adalah tanaman yang masuk ke dalam genus Allium sekaligus tanaman jenis umbi. Bawang putih banyak digunakan untuk bumbu pada masakan agar cita rasa makanan lebih sedap. Selain itu, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tak hanya bawang mentahnya, bawang putih juga dapat dijadikan sebagai minyak. Minyak bawang putih ini juga memiliki beragam manfaat. Minyak bawang putih bisa dipakai untuk kesehatan kulit hingga otak.

Dirangkum dari Times of India, berikut fakta menarik minyak bawang putih yang perlu diketahui.

1. Apa Itu Minyak Bawang Putih?

Minyak bawang putih pada dasarnya hanya minyak yang terbuat dari bawang putih. Minyak ini memiliki aroma tajam khas bawang putih dan cita rasanya agak pedas. Minyak bawang putih dapat digunakan sebagai bumbu dari masakan.

Masakan yang biasanya menggunakan minyak bawang putih adalah mie ayam. Namun selain menjadi bumbu masakan, minyak bawang putih ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak bawang putih ini digunakan sebagai diuretik, ekspektoran, stimulan, dan diaforetik.

Seperti rempah-rempah, minyak bawang putih dapat bermanfaat sebagai antiparasit, antibakteri, antijamur, dan insektisida. Manfaat lainnya adalah minyak bawang putih ini sangat baik untuk kulit, kesehatan jantung, hingga kesehatan otak.

2. Cara Membuat Minyak Bawang Putih

Untuk membuat minyak bawang putih cukup mudah, apalagi bahannya juga gampang ditemui. Yang Anda perlukan hanyalah menyiapkan beberapa siung bawang putih dan minyak zaitun yang digunakan sebagai campuran dalam membuat minyak bawang putih. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak sayur atau minyak wijen jika menginginkan cita rasa yang khas.

Bahan-bahan:
– 8 siung bawang putih mentah
– Minyak zaitun
– Toples untuk menaruh minyak bawang putih.

Cara membuatnya:
– Geprek 8 siung bawang putih tersebut di atas talenan.
– Masukkan bawang putih yang telah digeprek ke dalam toples.
– Campurkan bawang putih geprek tersebut dengan minyak zaitun atau minyak lainnya sesuai yang Anda inginkan.
– Setelah jadi, simpan minyak bawang putih ini di dalam lemari es selama 2 sampai 5 hari. Proses penyimpanan ini akan membuat cita rasa bawang putih dan minyak tercampur rata.

3. Minyak Bawang Putih untuk Masakan

Jika Anda selama ini masih gunakan bawang putih mentah saat masak, ada alternatif lain dengan menggunakan minyak bawang putih. Minyak bawang putih lebih praktis terutama jika sudah dijadikan stok.

Minyak bawang putih membuat Anda terhindar dari mengupas, mengiris, atau menghaluskan bawang putih. Tak hanya untuk membuat mie ayam agar terasa lebih sedap, minyak bawang putih ini juga enak dibuat sebagai campuran dalam menumis sayur, masakan china, kuah bakso, atau mie rebus.
Minyak bawang putih juga bahan yang sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Selain lebih praktis, minyak bawang putih ini juga memiliki rasa yang gurih dan agak pedas. Selain itu, minyak bawang putih ini juga memiliki aroma yang khas dari bawang putih. Dapat dipastikan masakan Anda akan terasa sedap.

4. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Bawang putih merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Karena dalam bawang putih mengandung zat anti-inflamasi dan anti mikroba yang sangat baik untuk mengobati masalah pada kesehatan kulit.

Untuk kesehatan kulit, minyak satu ini baik untuk mengobati kondisi kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, jerawat, bekas luka, keriput, dan lingkaran hitam. Semua masalah kulit tersebut dapat mengganggu penampilan apalagi jerawat dan keriput pada wajah.

Dalam minyak mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu untuk meningkatkan pembentukan jaringan baru dan membantu dalam memasok darah ke luka. Apalagi kalau minyak bawang putih ini terbuat dari minyak zaitun, akan lebih terasa manfaatnya untuk kesehatan kulit.

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Di dalam bawang putih terdapat kandungan diallyl disulfide yaitu senyawa yang menampilkan efek anti-aterosklerotik yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Senyawa tersebut dapat mencegah pembekuan darah pada arteri dan dapat mencegah penyakit stroke.

Saat diubah menjadi minyak bawang putih ini dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi pada darah Anda. Ini akan membuat peredaran darah Anda mengalir secara teratur dan akan mengurangi masalah pada kesehatan jantung.

Selain baik untuk jantung, ternyata minyak bawang putih juga baik untuk kesehatan otak. Minyak ini dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit neurodegeneratif seperti kehilangan memori atau demensia. Minyak bawang putih juga mengandung senyawa sulfur yaitu diallyl disulfide dan diallyl trisuldide yang dapat mencegah oksidasi dan penumpukan kolesterol.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed