oleh

Puluhan Staf KPU Palu Ikut Peningkatan Kapasitas Kelembagaan

WhatsApp Image 2019-12-10 at 12.42.33
TASRIEF Siara, salah satu pemateri membawakan materinya tentang Jurnalisme dan Ruang Publik dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota setempat, di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Selasa (10/12/2019. FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.COM

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu di Sulawesi Tengah menggelar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota setempat bertempat di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Selasa (10/12/2019.

Kegiatan itu diikuti puluhan orang mulai para komisioner, sekretaris, kasubag hingga staf, termasuk tenaga pendukung dan tenaga profesional KPU Kota Palu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, kapasitas kelembagaan umumnya dipahami adalah upaya mengembangkan keahlian dan keterampilan.

“Program peningkatan kapasitas ini didesain untuk kemampuan dalam mengevaluasi pilihan-pilihan kebijakan dan menjalankan keputusan-keputusan secara efektif,” katanya saat membuka acara itu.

Dia mengatakan, kapasitas sebagai kemampuan individu, organisasi atau system untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya secara efektif, efisien dan terus menerus.

Dalam artian bahwa kapasitas sebagai kemampuan, keterampilan, pemahaman, sikap, nilai-nilai, hubungan, perilaku, motivasi, sumber daya, dan kondisi-kondisi yang memungkinkan setiap individu, organisasi, jaringan kerja/sektor, dan sistem lebih luas untuk melaksanakan fungsi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurutnya, hal ini dapat dilihat dari capacity building sebagai tugas khusus, karena tugas khusus tersebut berhubungan dengan faktor-faktor dalam suatu organisasi.

Oleh sebab itu katanya, menyadari kondisi objektif kelembagaan dalam optimalisasi peran dan tugas, maka KPU Kota Palu memandang perlu untuk menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan dalam pemilihan yang demokratis, berintegritas, dan berkualitas.

Agussalim menyebutkan, tujuan peningkatan kapasitas kelembagaan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta tentang pengembangan diri, merumuskan, dan menganalisa isu yang berkembang di masyarakat.

Selain itu, juga meningkatkan pengetahuan peserta tentang tahapan-tahapan dan strategi yang harus dilakukan dilingkungan KPU Kota Palu dalam rangka pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020.

“Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan komitmen KPU Kota Palu dalam pelayanan, pengelolaan informasi serta dokumentasi bagi masyarakat umum, profesional, dan peserta pemilihan,” pungkas Agussalim Wahid.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid itu menghadirkan empat pemateri yakni Tasrief Siara (Jurnalisme dan Ruang Publik) dan Basri Marzuki (perwajahan dan foto jurnalistik).

Dua pemateri lainnya adalah Kasman Jaya Sa’ad (Tata Kelola Internal dan Mekanisme Pengambilan Keputusan), dan Intam Kurnia (Strategi Komunikasi dalam Penguatan Kapasitas Kelembagaan dalam kegiatan pelayanan KPU Kota Palu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed