oleh

Upacara Malabot Tumbe Eratkan Tiga Kabupaten Kerajaan Banggai

WhatsApp Image 2019-12-05 at 06.45.39
UPACARA Malabot Tumbe eratkan tiga kabupaten Kerajaan Banggai. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, BANGGAI LAUT– Kegiatan adat dan budaya Malabot Tumbe dipusatkan di Keraton Banggai, Rabu (4/12/2019).

Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo mengatakan, kegiatan ini merekatkan tiga kabupaten bersaudara yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut.

Pemerintah Kabupaten Banggai Laut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan kegiatan ini selama empat hari yakni 4 hingga 7 Desember 2019.

Pengantaran telur Maleo dari Batui Kabupaten Banggai melewati Desa Pinalong Kabupaten Banggai Kepulauan, lalu ke Teluk Tolo di Kecamatan Labobo, kemudian ke Kabupaten Banggai Laut.

“Kita yang ada saat ini memiliki kewajiban bersama untuk mempertahankan, melestarikan nilai-nilai ini, terutama nilai yang merekatkan antara persaudaraan tiga kabupaten ini. Kita bisa berbeda secara administrasi pemerintahan, tetapi secara historis kita memiliki kesamaan, yaitu berasal dari kerajaan Banggai,”  ucap Bupati Wenny.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perangkat adat yang telah bahu membahu, sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 285 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed