oleh

Tingkatkan Partisipasi dan Kualitas Pemilih, KPU Palu Gelar Kursus Singkat Kepemiluan

WhatsApp Image 2019-12-02 at 09.56.25
PIHAK KPU Kota Palu melaksanakan kursus kepemiluan bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu KPU setempat, Senin (2/12/2019). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu di Sulawesi Tengah melaksanakan kursus kepemiluan (election shortcourses) menjelang pemilihan walikota dan wakil walikota di wilayahnya bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU setempat, Senin (2/12/2019).

Menurut Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, kegiatan kursus singkat kepemiluan diawali hari ini dan diikuti oleh kelompok pemilih pemula serta pemilih muda dari perguruan tinggi swasta dan negeri.

“Untuk edisi perdana ini, pesertanya berasal dari mahasiswa IAIN Palu,” tutur Agussalim.

Dia menjelaskan, program kegiatan kursus singkat kepemiluan merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

“Program ini melibatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya,” katanya.

Mereka dibekali ilmu kepemiluan yang nantinya menjadi pelopor atau pionir demokrasi dengan membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu.

Peserta kursus ini akan menjadi mitra KPU Kota Palu dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Dia menuturkan, program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi merupakan ikhtiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan isu-isu pemilu dan demokrasi.

“Mereka inilah yang diharapkan tumbuh dan berkembang secara mandiri, sehingga kursus singkat ini membangun kompetensi dasar kepemiluan untuk komunitas,” katanya.

Kursus singkat kepemiluan yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat dari tujuh segmen pemilih strategis diantaranya pemilih pemula, tokoh agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, kelompok marjinal, kelompok profesional, dan pemilih muda.

Adapun materi yang diberikan dalam meningkatkan kompetensi diantaranya prinsip dasar partisipasi dalam pemilu/pemilihan, prinsip dasar pemilu yang jujur, adil, dan tidak diskriminatif, tahapan pemilihan, dan penegakan hukum pemilu/pemilihan.

Dia menambahkan, peserta kegiatan tersebut diharapkan akan membentuk kelompok-kelompok komunitas peduli pemilu dilingkungannya masing-masing.

“Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020 meningkat dan lebih baik dari sebelumnya,” pungkas orang pertama di KPU Kota Palu itu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 34 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed