oleh

Pertama Kali, Bawaslu Sulteng Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

WhatsApp Image 2019-11-21 at 19.35.35
BAWASLU Sulawesi Tengah meraih penghargaan dari Bawaslu RI atas pemeringkatan keterbukaan informasi publik Bawaslu provinsi tahun 2019 di Jakarta, Kamis (21/11/2019). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Bawaslu Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih penghargaan dari Bawaslu RI atas pemeringkatan keterbukaan informasi publik Bawaslu Provinsi tahun 2019.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu, Abhan kepada Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen yang disaksikan Ketua Informasi Pusat, Gede Narayana di sela kegiatan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

“Anugerah ini merupakan yang pertama kali, sekaligus sebagai apresiasi Bawaslu terhadap kerja kerja Bawaslu Sulteng dalam hal membangun akses keterbukaan informasi publik,” kata Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen.

Dosen Universitas Tadulako Palu ini menguraikan, capaian ini sejatinya harus memacu dan meningkatkan akses keterbukaan informasi publik terutama menghadapi pemilihan kepala daerah tahun 2020.

“Pemeringkatan bukan kontestasi menang dan kalah, tetapi upaya perbaikan kinerja secara berkelanjutan terutama menghadapi pemilihan gubernur, bupati, dan walikota tahun 2020,” kata alumni pascasarjana Universitas Tadulako ini.

Dia mengatakan, komitmen, koordinasi dan inovasi dalam rangka mempertahankan atau meningkatkan capaian kinerja pengawas pemilu, mutlak dilakukan. Ada standar kelembagaan, sumber daya manusia, infrastruktur, dan software yang perlu dibenahi.

Semua itu dilakukan dalam rangka menjamin hak publik akan layanan informasi secara cepat, tepat, dan profesional.

Menurutnya, pembangunan akses informasi publik, bukan hanya di tingkatan Bawaslu provinsi, tetapi juga dibangun di tingkatan Bawaslu kabupaten/kota.

“Sekaligus secara internal menjamin kinerja pengawas pemilu lebih produktif dalam rangka menciptakan kelembagaan yang baik dan bersih,” ujar alumni HMI Cabang Palu ini. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed