oleh

Sembilan Desa Ikut MTQ Tingkat Kecamatan Sojol

WhatsApp Image 2019-11-13 at 17.12.28
SEKRETARIS Kabupaten Donggala Aidil Nur membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran ke XVII Tingkat Kecamatan Sojol Tahun 2019, di Desa Balukang, Selasa (12/11/2019) malam. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala Aidil Nur membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Sojol Tahun 2019, di Desa Balukang, Selasa (12/11/2019) malam.
Tema MTQ ke XVII tingkat Kecamatan Sojol tahun ini adalah “Dengan Semangat MTQ Kita Jadikan Al Quran sebagai Inspirasi dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Sekkab Aidil Nur yang membacakan sambutan Bupati Donggala mengatakan, MTQ adalah kegiatan lomba keagamaan yang rutin dilaksanakan baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat nasional, bahkan internasional.

“MTQ dilaksanakan bukan hanya sebatas kegiatan seremonial belaka, tapi jauh lebih penting dari itu adalah dengan kegiatan MTQ lahir generasi baru penghafal Al Quran,” ujarnya.

Dia mengatakan, MTQ juga dapat menjadi momentum strategis dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qurani dan sebagai wadah silaturahmi.

Olehnya itu dia berharap dengan adanya keseriusan untuk menangani potensi LPTQ mulai dari tingkat kecamatan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan lembaga keagamaan di kecamatan guna mewujudkan Islam lil alamin, sehingga menjadikan Kabupaten Donggala sebagai Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofuur.

Di akhir sambutannya dia mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta MTQ dan sampai bertemu di MTQ tingkat Kabupaten Donggala di Desa Sabang Kecamatan Dampelas pada 7 hingga 12 Desember 2019.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Pj Kepala Desa Balukang Musdalifa dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ berlangsung selama enam hari dari 12 hingga 17 November 2019.

Untuk peserta MTQ diikuti dari sembilan desa yaitu Desa Bou, Balukang, Balukang II, Suelempu, Siboang, Samalili, Bukit Harapan, Tonggolobibi, dan Pangalasiang dengan jumlah peserta sebanyak 152 orang.

Dia juga menyampaikan bahwa cabang yang diperlombakan yaitu cabang Tilawatil Quran golongan dewasa, remaja dan kanak, qori dan qariah.

Selanjutnya cabang Tartil Quran golongan dasar murattil dan murattilah tilawatil golongan 3.

Kemudian cabang Hifzil Quran golongan 1 juz dan Tilawah, golongan 5 juz dan Tilawah golongan 20 juz dan 30 juz.

Cabang tafsir Quran golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris Mufassir dan Muffassirah.

Berikutnya Cabang Khattil Quran golongan naskah, hiasan mushab, dekorasi, dan kontemporer, cabang Fahmil Quran, serta cabang Syahril Quran. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 45 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed