Buka Orientasi Anggota DPRD Touna dan Balut, Ini Pesan dan Harapan Gubernur Longki

59
WhatsApp Image 2019-11-05 at 19.01.08
GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola menghadiri sekaligus membuka Orientasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tojo Unauna dan Banggai Laut di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu, Selasa (5/11/2019). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola menghadiri sekaligus membuka Orientasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dan Banggai Laut (Balut) di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu, Selasa (5/11/2019).

Orientasi dilaksanakan kerjasama Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Sulteng dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Touna dan Balut.

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki mengatakan, kegiatan orientasi anggota DPRD ini sangat penting dan perlu untuk diikuti oleh seluruh anggota DPRD baik lama atau yang baru terpilih.

Karena orientasi ini kata Gubernur Longki, merupakan proses pematangan bagi anggota DPRD lama, dan penyegaran untuk semua aturan bagi anggota DPRD yang baru sekaligus untuk mempermantap kapasitas diri.

Menurutnya, anggota DPR memiliki beberapa fungsi yaitu pengawasan, budgeting dan fungsi legislasi.

Melalui tugas dan fungsi tersebut anggota DPRD diharapkan harus bisa betul-betul menghayati dan melaksanakan fungsinya.

Gubernur juga mengingatkan, jangan beranggapan legislatif lebih tinggi dari eksekutif begitupun sebaliknya, seperti beberapa kejadian di wilayah lain.

Gubernur menambahkan, eksekutif dan legislatif ialah lembaga kemitraan sehinga peran DPRD bersama pemerintah diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang baik untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dia pun berpesan kepada seluruh anggota DPRD kabupaten/kota hingga provinsi dan seluruh lembaga eksekutif tanpa terkecuali untuk patuh dan taat terhadap semua aturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugasnya, sehingga tidak terjebak pelanggaran hukum dan berurusan dengan aparat penegak hukum yang bisa mencelakakan diri sendiri.

Orientasi ini dihadiri 50 anggota DPRD, terdiri dari 25 anggota DPRD Touna dan 25 anggota DPRD Balut serta dihadiri pejabat lingkup BPSDM Sulteng, Widya Swara Utama Derry B Djanggola. CAL

Silakan komentar disini...
loading...