71 Personel Polri se Sulawesi Ikut Pelatihan SEMS ICS dan Trauma Healing di Palu

116
WhatsApp Image 2019-10-21 at 12.01.22
SEBANYAK 71 personel Polri mengikuti Pelatihan SEMS ICS dan Trauma Healing di sebuah hotel Jalan Malonda, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (21/10/2019). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto menghadiri pembukaan Pelatihan Strategic Emergency Management Systems (SEMS) Incident Command System (ICS) serta Trauma Healing Gelombang IV dan V di sebuah hotel Jalan Malonda,  Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (21/10/2019).

Pembukaan pelatihan tersebut dihadiri Ketua Tim, Brigjen Polisi Juansih, Brigjen Pol (Purn) Budi Purwoto (narasumber), Chief Of Operations ICITAP Indonesia John Ruffcorn (mantan Kepala Kepolisian California 2011-2018), dan para pejabat utama Polda Sulteng.

Pelatihan tersebut merupakan upaya kepolisian dalam membantu permasalahan di Indonesia saat ini sangat rentan dengan adanya bencana, baik bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir maupun bencana lain disebabkan faktor teknis dan human error yang berakibat pada banyaknya korban jiwa, kehilangan materi dan lain sebagainya.

Tujuan dan manfaat dari trauma healing itu sendiri misalnya, untuk memulihkan kondisi psikis para korban, khususnya anak-anak pasca bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi dan Donggala oleh Tim Trauma Healing Polwan/Bhayangkari Polda Kalimantan Timur BKO Polda Sulteng dipimpin Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto yang saat itu menjabat sebagai Wakapolda Kaltim.

Dalam sambutannya Kapolda Lukman Wahyu mengucapkan selamat datang di  Kota Palu kepada Tim Lemdiklat Polri, ICITAP dan Trainer serta seluruh peserta pelatihan trauma healing polda se Sulawesi.

“Saya sangat mengapresiasi atas dipercayanya Polda Sulawesi Tengah sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan trauma healing Polda se Sulawesi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelatihan Brigjen Polisi Juansih dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Lemdiklat Polri mengatakan, pelatihan trauma healing gelombang IV dan V yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu rangkaian dari program pelatihan kerja sama Lemdiklat Polri dengan ICITAP.

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan personel Polri dalam menghadapi situasi pascabencana yang diarahkan kepada tindakan pemulihan faktor psikis korban, yaitu mulai dari kecemasan, stres, trauma dan dampak cemas.

Pelatihan SEMS ICS dan Trauma Healing gelombang IV dan V yang berlangsung selama lima hari dari 21 hingga 25 Oktober 2019 itu diikuti sebanyak 71 personel Polri dari polda se Sulawesi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Sulawesi Utara. CAL

Silakan komentar disini...
loading...