Wapres JK Apresiasi Rumah Instan Sederhana Sehat Pengawu

97
WhatsApp Image 2019-10-08 at 06.28.46
WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Rumah Instan Sederhana Sehat di Kelurahan Pengawu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/10/2019). FOTO: HAFSA

SultengTerkini.Com, PALU– Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kelompok masyarakat (Pokmas) Pengawu di Kota Palu, Sulawesi Tengah karena telah membangun Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dengan baik.

Dari sejumlah program rehabilitasi dan rekonstruksi Risha di bawah pengawalan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Pokmas Pengawu mendapat apresiasi untuk dikunjungi  Wapres JK, Senin (7/10/2019).

Kepala BPBD Kota Palu, Presley Tampubolon mengatakan, risha yang dibangun Pokmas Pengawu dijadikan percontohan karena Pokmas Pengawu sangat baik dan cepat dalam melaksanakan progres pekerjaan di lapangan.

“Selain bangunannya rapi, masyarakat juga mau berkontribusi untuk mempercantik bangunan tersebut,” kata Presley di sela kunjungan Wapres JK di Palu.

Menurut Presley, pemerintah mengalokasikan dana pembangunan risha sebesar Rp 50 juta per unit. Namun, angka tersebut masih relatif kecil untuk membangun hunian tipe 36.

Ternyata, lanjut Presley, masyarakat penerima risha antusias dalam membangun hunian yang nyaman, sehingga mereka mau menambah biaya pembangunan rumah tersebut.

“Alokasi yang disiapkan sangat terbatas, tapi masyarakat mau berkontribusi dan mempercantik rumahnya,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Pokmas Pengawu, Satriawan (61) mengaku menambah dana sebesar Rp 30 juta untuk membangun hunian yang nyaman bagi keluarganya.

Dia memilih hunian berbahan kayu, sehingga rasa trauma akibat gempa hilang dari ingatan keluarganya.

“Rumah ini sederhana tapi nyaman. Saya tidak membangun rumah dari beton karena keluarga saya trauma. Meski saya harus menambah dana untuk membangun rumah ini, itu tidak masalah, yang penting keluarga saya nyaman,” tuturnya.

Koordinator Fasilitator Program Risha Kecamatan Tatanga, Muhammad Ruslan mengaku antusias  melakukan pendampingan di Pokmas Pengawu, karena masyarakatnya sangat proaktif dalam mendukung program tersebut. SAH

Silakan komentar disini...
loading...