Jelang Harhubnas, KSOP Teluk Palu Pelopori Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pantoloan

291
WhatsApp Image 2019-09-12 at 10.48.48
KEPALA KSOP Teluk Palu Letkol Marinir Abdul Rahman, Direktur Polair Polda Sulteng, Kombes Polisi Indra Rathana, dan Kepala Basarnas Palu, Basrano turun langsung dalam Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pelabuhan Pantoloan, Kamis (12/9/2019) pagi. FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Ratusan orang mengikuti kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pelabuhan Pantoloan yang dipelopori Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu di Sulawesi Tengah, Kamis (12/9/2019) pagi.

Menurut Kepala KSOP Teluk Palu, Letkol Marinir Abd Rahman, kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai itu serentak dilakukan di seluruh Indonesia pada Kamis hari ini dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang tiap tahun diperingati 17 September.

Berbagai kegiatan memeriahkan Harhubnas tahun ini diantaranya Kementerian Perhubungan mengajar yang dipusatkan di Bandara SIS Aljufri, olah raga seperti jalan santai, futsal, domino, tarik tambang, bulutangkis, tenis meja, dan beberapa kegiatan ibu-ibu.

“Untuk pertandingan olah raga dimulai hari ini dengan sembilan cabang olah raga,” katanya.

WhatsApp Image 2019-09-12 at 13.15.09
FOTO: IST

Abd Rahman menjelaskan, maksud kegiatan bersih-bersih laut dan pantai itu adalah mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Sulteng untuk sadar akan bersih laut dan pantai.

Karena menurutnya, Indonesia merupakan negara terbesar kedua di dunia sebagai penyumbang sampah, dimana 50 persen diantaranya terdapat di laut dan pantai.

“Imbauan kita jangan membuang sampah di laut karena itu membahayakan bagi ekosistem di laut,” kata Abd Rahman.

Dia mengatakan, selain di Pantoloan, aksi Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Teluk Palu itu juga dilakukan di Pelabuhan Wani dan Donggala dengan melibatkan sebanyak 600 orang dari instansi terkait dan unsur kemaritiman seperti Angkatan Laut, Basarnas, Polair, termasuk warga sekitar pelabuhan.

WhatsApp Image 2019-09-12 at 10.46.43
FOTO: ICHAL

Kegiatan itu juga akan dicatat di Museum Rekor Indonesia dengan jumlah pelabuhan terbanyak yang mengikuti Gerakan Bersih Laut dan Pantai yakni 294 pelabuhan di seluruh Indonesia.

Tidak hanya di pesisir laut dan pantai, mereka yang terlibat dalam aksi gerakan bersih-bersih itu juga dilakukan di tengah laut dengan menggunakan kapal dan perahu.

Bahkan sejumlah personel dari Polair Polda Sulteng juga menyelam untuk membersihkan sampah hingga ke dasar laut.

Selain Kepala KSOP Teluk Palu dan jajarannya, Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pelabuhan Pantoloan itu juga dihadiri Direktur Polair Polda Sulteng Kombes Polisi Indra Rathana, Kepala Basarnas Palu, Basrano dan instansi terkait lainnya.

Sebelum dimulai aksi bersih-bersih, dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan life jaket kepada para nelayan setempat. CAL

Silakan komentar disini...
loading...