Wagub Sulteng Tutup MTQ Banawa Selatan, Ini Pemenangnya…

199
WhatsApp Image 2019-09-10 at 12.08.28
WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa menutup Musabaqah Tilawatil Quran ke VIII Tingkat Kecamatan Banawa Selatan di Desa Tosale, Senin (9/9/2019) malam. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Bupati Donggala Kasman Lassa menghadiri penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII Tingkat Kecamatan Banawa Selatan di Desa Tosale, Senin (9/9/2019) malam.

Bupati Kasman dalam sambutannya menilai bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Banawa Selatan alhamdulillah cukup baik dan luar biasa.

Hal ini dilihat dari segi kerapian, lampu dekorasi dan ditambah lagi dengan organisasi TP-PKK pakaiannya seragam.
“Ini semua tidak terlepas dari semua dukungan masyarakat yang masih tetap setia ikut memeriahkan jalannya MTQ dan ini merupakan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Tentunya penyelenggaraan sebuah MTQ tidak bisa dianggap begitu saja karena MTQ itu dilakukan merupakan satu rangkaian dari syiar agama.

Dimana Al Quran dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Dg Palabbi berkesempatan menutup secara resmi kegiatan MTQ ke VIII tingkat Kecamatan Banawa Selatan, yang ditandai dengan pemukulan beduk.

Wagub Rusli mengatakan, kehadirannya merupakan kunjungan yang pertama sebagai Wagub Sulteng yang baru dilantik pada 26 Agustus 2019.

“Al Quran kita ketahui bersama merupakan kalam ilahi yang tidak hanya sekadar dibaca, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memahami isi daripada kandungan kitab suci Al Quran,” kata mantan Anggota DPRD Sulteng dua periode itu.
Tentu yang terpenting juga adalah bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, selaku Pemerintah Provinsi Sulteng dirinya sangat mendukung kegiatan keagamaan tersebut.

Dia berharap kegiatan seperti itu terus digalakkan karena akan membawa seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Donggala menjadi masyarakat yang cinta Al Quran.

Sementara itu, Ketua Panitia Husen Nurdin menyampaikan tema dari MTQ ke VIII tingkat Kecamatan Banawa Selatan yaitu Al Quran Sebagai Pedoman Hidup Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiah”.

Dia juga menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan MTQ tersebut adalah sebagai perekat jalinan ukhuwah, baik sesama umat Islam maupun antar umat beragama di wilayah Kabupaten Donggala, khususnya di Kecamatan Banawa Selatan.

Selain itu juga untuk melahirkan generasi serta kader yang meneruskan tongkat estafet yang mampu memahami isi, makna dan kandungan Al Quran.

Adapun peserta kegiatan MTQ ke VIII tahun 2019 tingkat Kecamatan Banawa Selatan diikuti oleh seluruh peserta dari desa di wilayah Kecamatan Banawa Selatan.

Untuk jenis lomba antara lain cabang Tilawatil Quran, cabang Hifdzil Quran, cabang Tartil Quran dan cabang Tartil Qira’ah Sab’ah.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bonus kepada pemenang lomba, dimana untuk terbaik 1 diserahkan langsung oleh Wagub Rusli qari terbaik I golongan remaja atas nama Agung Prasetio utusan dari Desa Tosale.

Qoriah terbaik I golongan remaja atas nama Nurlinda utusan dari Desa Tosale. Sementara hafiz golongan 10 juz, hafiz terbaik I diraih Andika Saputra dari Desa Bambarimi, hafizah terbaik golongan 10 juz atas nama Delta Yuniar
utusan dari Desa Lumbutarombo.

Adapun penetapan peringkat desa peringkat pertama adalah Desa Tosale dengan perolehan poin sebanyak 65. Peringkat kedua adalah Desa Bambarimi dengan perolehan poin sebanyak 26. Posisi ketiga adalah Desa Lumbutarombo dengan perolehan nilai sebanyak 25 poin. CAL

Silakan komentar disini...
loading...