Pekan Depan, Presiden Jokowi Lantik Wagub Sulteng

495
WhatsApp Image 2019-08-23 at 22.29.08
Mohammad Haris Kariming

SultengTerkini.Com, PALU– Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Rusli Dg Palabbi sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) terpilih menggantikan Sudarto yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2016.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng Mohammad Haris Kariming mengatakan, rencana pelantikan Wagub Sulteng diketahui berdasarkan hasil rapat koordinasi di kantor Sekretariat Presiden pada Kamis (22/8/2019).

“Pelantikan Wagub Sulteng sisa masa jabatan tahun 2016-2021 oleh Presiden RI dilaksanakan pada hari Senin (26/8/2019) pagi pukul 09.00 WIB di Istana Presiden,” kata Haris Kariming saat dihubungi SultengTerkini.Com, Jumat (23/8/2019) malam.

Ia mengatakan, pelantikan Wagub Sulteng itu akan dihadiri Gubernur Longki Djanggola dan Sekretaris Provinsi Sulteng Mohammad Hidayat Lamakarate.

Selain itu juga akan dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah seperti Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponulele, Kapolda Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto, Danrem 132/Tadulako Kolonel Agus Sasmita, Danlanal dan kepala kejaksaan tinggi.

Tak hanya itu, turut pula diundang para bupati dan walikota di Sulteng bersama pimpinan organisasi perangkat daerah.

“Pihak KPU dan Bawaslu Sulteng juga diundang dalam pelantikan nanti, disamping keluarga wagub yang dilantik,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, rapat paripurna istimewa yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulteng Alimuddin Paada dengan agenda pemilihan Wagub Sulteng dilaksanakan pada Senin (8/7/2019).

Hasilnya, Rusli Dg Palabbi akhirnya terpilih sebagai Wagub Sulteng menggantikan almarhum Sudarto.

Rusli Dg Palabbi adalah Sekretaris DPW PAN Sulteng yang juga mantan anggota DPRD Sulteng. la dipilih para wakil rakyat DPRD Sulteng menggungguli rival terdekatnya Andi Mansur Pasande.

Rusli Dg Palabbi dengan nomor urut 1 berhasil menyabet 35 suara atau mendapatkan dukungan hampir seluruh anggota DPRD yang hadir. Sedangkan Andi Mansur Pasande dengan nomor urut 2 mendapatkan delapan suara. CAL

Silakan komentar disini...
loading...