oleh

Program SMN Masuki Tahun ke 5, Sulteng Terima 35 Pelajar Sumut

WhatsApp Image 2019-08-16 at 14.29.47
ASISTEN Administrasi Ekonomi dan Pembangunan B Elim Somba foto bersama 35 pelajar Sumatera Utara, peserta program pada Jumat (16/8/2019) pagi di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Pertukaran pelajar Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sumatera Utara (Sumut) lewat program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) adalah satu di antara rangkaian program-program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Di Sulteng, Program SMN memasuki tahun ke 5 sebagai wujud bakti BUMN dalam memberi manfaat sosial pembangunan ke daerah.

Pernyataan itu mengalir dari sambutan gubernur yang dibaca Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan B Elim Somba saat menerima 35 pelajar Sumut, peserta program pada Jumat (16/8/2019) pagi di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu.

Secara singkat Ia mendeskripsikan geografis Sulteng sebagai daerah dilalui garis khatulistiwa yang diapit dua Arus Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yaitu ALKI 2, Selat Makassar di barat dan ALKI 3, perairan Maluku di timurnya.

Kota Palu, ibukota Sulteng sering diguncang gempa jelasnya akibat adanya sesar aktif Palu Koro selain dikenal juga bersuhu panas.

“Cuacanya sangat panas dan terik, akan tetapi hati warganya sangat sejuk dan baik hati,” katanya.

Dengan mengenal luaskan aset-aset kebudayaan Sulteng ke pelajar, diyakini asisten dapat menggelorakan semangat bela negara, nasionalisme, persatuan dan patriotisme.

“Bermacam informasi dapat adik-adik gali secara langsung daripada hanya sekadar membaca, mendengar atau menonton di media sosial maupun media-media konvensional pada umumnya,” katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian BUMN Heru Purnomo selaku Pendamping Program BHUN menekankan selain tujuan mengasah wawasan nusantara bagi pelajar, program SMN juga bertujuan mengenalkan BUMN sebagai benteng perekonomian bangsa.

Sejalan itu, maka panitia akan membekali peserta dengan materi pokok bela negara, wasbang, wasnus, sosial budaya, pendidikan, wirausaha, antinarkoba dan filterisasi budaya asing.

“Adik-adik jalani dengan fun karena nanti ada jalan-jalan ke tempat wisata,” harapnya ke peserta supaya tetap santai meski ditunggui agenda cukup padat.

Hadir di acara, PIC BHUN di Sulteng dalam hal ini PT Indonesia Asahan Aluminium dan PIC SMN dari PT BGR Logistik, serta undangan lainnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed