Gaungkan Promosi Wisata, Dispar Sulteng Gandeng Pelajar SMK

22
WhatsApp Image 2019-08-14 at 16.14.22
I Nyoman Sriadijaya

SultengTerkini.Com, PALU– Berawal dari upaya mengembangkan pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggandeng para siswa SMA/SMK guna mempromosikan destinasi wisata di wilayahnya.
Hal ini dilakukan dalam sosialisasi pengetahuan dasar kepariwisataan bagi siswa SMA/SMK sederajat oleh Dinas Pariwisata Sulteng di salah satu hotel Kota Palu, Rabu (14/8/2019).

Kepala Dispar Sulteng, I Nyoman Sriadijaya menilai para siswa setiap harinya banyak beraktivitas dengan media sosial, baik itu bersosial ataupun memposting berbagai aktivitas.

“Tidak bisa dipungkiri, peminat destinasi wisata di Indonesia hampir 70 persen adalah anak muda, tidak terkecuali para siswa,” katanya kepada media ini.

Untuk memaksimalkan promisi wisata itu, para siswa lebih dulu diberikan pemahaman terkait destinasi wisata hingga segala kearifan lokalnya. Sehingga katanya, saat melakukan promosi, para wisatawan dapat lebih mudah mengunjungi lokasi wisata serta mendapat pengetahuan tentang kearifan lokalnya.

Sebab, kata Nyoman, hadirnya destinasi wisata tidak terlepas dari apa saja kearifan lokal di sekitarnya, seperti kuliner khas, budaya dan ada istiadat, serta cerita lagenda mengapa suatu destinasi bisa terbentuk.

“Makanya, sebelum dipromosikan, para siswa harus memiliki wawasan, sehingga wisatawan tidak bingung mau kemana kalau sudah tiba di Sulteng,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sulteng, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Siti Norma Mardjanu menuturkan, dampak dari promosi ini bisa membuat para wisatawan berlama-lama di wilayahnya.

“Jangan cuma datang sekali dan cepat pergi. Kalau bisa, promosinya dimaksimalkan hingga wisatawan benar-benar tinggal lebih lama di Sulteng dan datang berulang kali,” pungkasnya. MAD

Silakan komentar disini...
loading...