Enam Anggota Polda Sulteng Terpilih Jadi Pasukan Misi Perdamaian di Sudan

68
WhatsApp Image 2019-08-13 at 13.29.38
KONTINGEN Satgas Garda Bhayangkara Formed Police Unit pada misi Unamid di Darfur Sudan tahun lalu. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Polri telah melaksanakan seleksi calon kontingen Satgas Garda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) 12 pada misi Unamid di Darfur Sudan.

Seleksi yang diselenggarakan Baggassus Robinkar SSDM Polri sejak Juni 2019 tersebut telah menjaring personel-personel terbaik Polri di seluruh nusantara untuk ditugaskan sebagai Garda Bhayangkara di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna memelihara keamanan dan ketertiban.

Selain itu juga mengamankan fasilitas vital milik PBB, melaksanakan tugas Police Advisors, memberikan perlindungan kepada para pengungsi di IDPs’ camp atau kamp-kamp pengungsi, serta mengamankan proses distribusi bantuan kemanusiaan di Darfur Sudan.

Untuk bisa lulus terpilih menjadi pasukan FPU tersebut, para peserta seleksi harus melewati berbagai tahapan seleksi antara lain, tes kesehatan, tes kesamaptaan jasmani, keterampilan operasional komputer, psikotes tertulis, menembak, mengemudi dan tes bahasa.

Pada Kamis (8/8/2019) panitia seleksi mengumumkan nama-nama personel Polri yang dinyatakan memenuhi syarat atau ulus terpilih sebanyak 154 personel sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2105/VIII/Kep./2019 tanggal 12 Agustus 2019.

Rinciannya, pasukan pendukung sebanyak 60 orang, pasukan taktis 80 orang, dan pasukan cadangan 14 orang.

Dari 154 personel yang beruntung tersebut, terdapat enam personel Polda Sulteng yakni Iptu Gimanto (Bidang Propam) sebagai Danton, Ipda Bakhdar (Satuan Brimob) sebagai Danru, Bripka I Gede Eka Irawan (Satuan Brimob) sebagai pasukan taktis.

Selanjutnya, Brigadir Henry K Polaka (Satuan Brimob) sebagai penembak, Aipda Candra Dunggio (SPN Labuan Panimba) sebagai cadangan Staf Manase 1, dan Briptu Muhammad Akbar Wiryandi (Direktorat Reserse Kriminal Umum) sebagai cadangan pasukan taktis.

“Atas nama pimpinan kami ucapkan selamat kepada personel Polda Sulteng yang dinyatakan lulus terpilih,”  kata Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto kepada media ini, Rabu (14/8/2019).

Didik mengatakan, selanjutnya mereka akan mengikuti pelatihan pra penugasan Kontingen Satgas Garbha II FPU 12 pada misi Unamid di pusat pelatihan multifungsi Polri di Cikeas, Bogor.

“Waktu dan jadwal kegiatannya akan diberitahukan lebih lanjut,” pungkas mantan Kapolres Kolaka, Sulawesi Tenggara itu. CAL

Silakan komentar disini...
loading...