Buka Yamaha Engineering School, Sekprov Sulteng: Yamaha Semakin di Depan

48
WhatsApp Image 2019-08-08 at 15.01.16
SEKRETARIS Provinsi Sulawesi Tengah Mohammad Hidayat Lamakarate (pakai baju hijau) foto bersama usai membuka Yamaha Engineering School di salah satu diler CV Akai Jaya Motor Jalan Imam Bonjol, Kamis (8/8/2019). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Mohammad Hidayat Lamakarate membuka Yamaha Engineering School (YES) di salah satu diler CV Akai Jaya Motor Jalan Imam Bonjol, Kamis (8/8/2019).

Pelaksana kegiatan ini adalah CV Akai Jaya Motor selaku main diler Yamaha di Sulteng yang dilakukan pertama kalinya di Kota Palu, dimana selama ini dilaksanakan di Suraco Jaya Abadi Motor Makassar.

General Manager (GM) Service dan Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin yang hadir dalam pembukaan YES itu mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Resposibility (CSR) dari CV Akai Jaya Motor.

Konsepnya, memberikan pendidikan mekanik tanpa dipungut biaya alias gratis kepada para lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan kuliahnya.

Ia mengatakan, lama pendidikan total 4-5 bulan, dengan rincian satu bulan teori, tiga bulan praktik dan satu bulan magang di jaringan bengkel resmi Yamaha.

Untuk fasilitas yang didapat pada pendidikan ini adalah seragam, buku pelajaran serta sertifikat YES.

Abidin menuturkan, para siswa akan dididik langsung oleh instruktur berpengalaman dari Yamaha.

Satu angkatan terdiri dari 20 siswa dan pada hari ini merupakan angkatan pertama dengan lama pendidikan mulai Agustus hingga Desember 2019.

“YES ini didukung sepenuhnya YIMM Jakarta selaku head office Yamaha Indonesia,” kata Abidin.

Menurutnya, selain di Palu, YES ini sudah dibuka di Jakarta, Semarang, Medan, Makassar, Bandung, Lampung, Padang, Palembang, Bali, dan Banjarmasin.

Ia menambahkan, lulusan YES Palu ini akan ditempatkan di jaringan bengkel resmi Yamaha yang membutuhkan jasa mereka.

“Dan sebagian lagi bisa membuka usaha sendiri karena sudah memiliki kompetensi keahlian di bidang repair sepeda motor,” katanya.

Sementara itu, Sekprov Hidayat dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan YES yang baru dilaksanakan pertama kalinya di Kota Palu.

“Slogan Yamaha semakin di depan, saya kira sangat tepat, kenapa (karena) telah membuat keputusan yang sangat bijaksana untuk membuat pendidikan Yamaha Engineering School di Sulawesi Tengah,” kata Hidayat Lamakarate.

Ia mengatakan, program YES di Sulteng merupakan hal yang sangat positif karena dapat memberikan edukasi kepada para lulusan SMA/SMK sederajat untuk dilatih menjadi terampil dan memiliki keahlian di bidang repair sepeda motor.

Menurutnya, saat ini bila ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan bukan hanya ijazah tamat sekolah yang diminta, tapi juga sertifikasi keahlian yang dibuat oleh lembaga resmi.

“Saya berterima kasih karena anak-anak kita akan dilengkapi dengan sertifikasi keahlian,” katanya.

Ia berpesan agar para siswa dapat fokus untuk mengikuti pendidikan dan menjadi tenaga yang terampil, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Dalam pembukaan YES itu hadir pula Manager HRD CV Akai Jaya Motor, Nelson Yones, Kepala SMKN 3 Palu, Manager Ducation PT YIMM, GM After Sales CV Akai Jaya Motor, Manager Service CV Akai Jaya Motor, beserta para teknisi Yamaha. CAL

Silakan komentar disini...
loading...