Jelang Pilkades Serentak, 388 Polisi Dikerahkan di Sigi dan di Tolitoli 244 Personel

32
WhatsApp Image 2019-07-21 at 16.52.18
KEPALA Biro Operasional Polda Sulawesi Tengah Kombes Polisi Iman Wahyudi melaksanakan asistensi pengamanan pemilihan kepala desa serentak di wilayah Polres Sigi dan Polres Tolitoli. FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, SIGI– Kepala Biro Operasional Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Polisi Iman Wahyudi melaksanakan asistensi pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di wilayah Polres Sigi dan Polres Tolitoli.

Polres Tolitoli sebelumnya telah melaksanakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan pada Jumat (17/7/2019) di halaman mapolres setempat yang dipimpin Kapolres AKBP Hendro Purwoko.

Sementara itu, Polres Sigi melaksanakan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres AKBP Wawan Sumantri pada Ahad (21/7/2019) pagi di mapolres setempat.

Kepala Biro Operasional Polda Sulteng Kombes Polisi Iman Wahyudi yang turut hadir dalam pelaksanaan apel gelar pasukan di Mapolres Sigi tersebut mengatakan, Indonesia masuk 10 besar negara demokrasi di dunia.

Olehnya itu katanya, dalam Operasi Mantap Brata Polda Sulteng sudah melakukan pengamanan secara maksimal dan semua berjalan aman.

“TNI Polri tetap solid,” katanya.

Ia menyampaikan pesan dari Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto  kepada personel yang terlibat dalam pengamanan untuk jalin solidaritas dengan TNI.

Selain itu, disiplin saat melaksanakan tugas pengamanan. Untuk unit intelijen berikan masukan terhadap setiap perkiraan kerawanan,  waspadai setelah perhitungan suara sampai pelantikan.

Ia mengatakan, apel kali ini sebagai bentuk pengecekan akhir pasukan terkait kuat personel, perlengkapan dan sarana.

“Sikap tampang harus menunjukkan wibawa sebagai anggota Polri,” katanya.

Dalam asistensinya ke Polres Sigi dan Polres Tolitoli, Iman juga menjelaskan, pilkades serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Sigi digelar di 47 desa  dengan  jumlah TPS  sebanyak 106.

Sedangkan untuk pilkades serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli itu dilaksanakan sebanyak 40 desa dengan jumlah TPS sebanyak 45.

Dari TPS tersebut, telah dipetakan dalam beberapa kategori  sangat rawan, rawan dan kurang rawan.

Menurutnya, kekuatan personel dalam pelaksanaan pilkades telah dilibatkan di beberapa tahap, mulai kampanye, masa tenang dan pemungutan suara (voting day)

Dimana sebelumnya personel pengamanan TPS sebelum voting day sudah mengecek persiapan di TPS serta kepekaan terhadap situasi sekitar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto menambahkan, dalam pelaksanann Pilkades 2019 serentak di Kabupaten Sigi, Polda Sulteng mengerahkan 388 personel, termasuk anggota Polres Sigi.

Sedangkan untuk pengamanan pilkades di wilayah Kabupaten Tolitoli, dikerahkan sebanyak 244 personel polres setempat.

“Kita mengantisipasi tidak menutup kemungkinan dalam proses pelaksanaan pilkades serentak potensi gangguan keamanan sewaktu-waktu masih dapat terjadi,” katanya.

Ia berharap, setiap personel yang terlibat pengamanan pilkades serentak dapat mempedomani setiap arahan dan petunjuk yang disampaikan oleh pimpinannya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...