Dua Kecamatan di Banggai Diterjang Banjir, Tak Ada Korban Jiwa

39
WhatsApp Image 2019-07-18 at 21.22.15
TIM Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk saat mengevakuasi warga di lokasi banjir Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (18/7/2019). FOTO: BASARNAS PALU

SultengTerkini.Com, BANGGAI– Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Moilong dan Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada Kamis (18/7/2019). Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Kepala Basarnas Kota Palu, Basrano yang dikonfirmasi SultengTerkini.Com mengatakan, sejak Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk diberangkatkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi warga dan sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa.

“Belum ada laporan korban jiwa di lokasi bencana,” katanya kepada media ini.

Di Kecamatan Moilong, terdapat delapan desa yang dilanda banjir diantaranya Desa Mulyo Harjo, Desa Arga Kencana, Desa Kayuku, Desa Karang Anyer, Desa Sido Makmur, Desa Slamet Harjo, Desa Saluan dan Dusun 5 Desa Toili.

Sedangkan di Kecamatan Batui Selatan ada tiga desa yang terdampak banjir, yakni Desa Ombolu, Desa Sukamaju dan Desa Sukamaju I.

Dari desa yang terdampak banjir, akses menuju Desa Mulyoharjo tertutup banjir. Sedangkan kata Basrano pemukiman di sekitar desa lainnya dinilai aman dan cuaca mendung serta air sudah mulai surut.

“Selain banjir, akses transportasi terputus total dikarenakan tanah di sekitar jembatan amblas. Ketinggian air mencapai satu meter lebih, beberapa rumah warga ambruk dan arus banjir di jalan raya sangat kencang. Masyarakat sudah mulai mengungsi,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi soal korban jiwa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai, Rensly Saadjad menegaskan, hingga saat ini belum ada laporan korban meninggal akibat banjir di dua kecamatan tersebut.

“Ada informasi satu orang meninggal, tapi bukan karena bencana, tapi sakit. Sampai saat ini tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Untuk posko bantuan terpusat di tiga tempat, diantaranya salah satu masjid Desa Mulyoharjo dan Desa Karang Anyer.

Sementara di Kecamatan Batui Selatan bertempat di kantor camat. Adapun kondisi terakhir di lokasi banjir, air sudah mulai surut.

Kondisi penanganan banjir juga diperkuat laporan Tim Media Diskominfo yang ada di lokasi bencana serta hasil rapat tim penanganan bencana terdapat delapan desa yang dilanda banjir antara lain, Desa Mulyo Harjo jumlah 500 kepala keluarga (KK), Desa Arga Kencana berjumlah 70 KK.

Kemudian Desa Kayuku, Desa Karang Anyer, Desa Sido Makmur, Desa Slamet Harjo, Desa Saluan dan Desa Toili Dusun 5 belum diketahui jumlah korban.

Untuk Kecamatan Batui Selatan terdapat 3 Desa yakni Desa Ombolu, Desa Sukamaju dan Desa Sukamaju I yang masing masing jumlah penduduk sejumlah 300 KK. MAD

Silakan komentar disini...
loading...