Tingkatkan Kapasitas Layanan di Morowali, Telkomsel: Selamat Menikmati Jaringan 4G Berkecepatan Tinggi

83
WhatsApp Image 2019-07-18 at 11.47.33
PIHAK Telkomsel melakukan audiensi bersama Pemerintah Kabupaten Morowali, DPRD, Kementerian Polhukam, Kementerian Kominfo, PT Telkom dan perwakilan dari masyarakat, belum lama ini. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, MOROWALI– Telkomsel melakukan audiensi bersama Pemerintah Kabupaten Morowali, DPRD, Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Kementerian Kominfo (Ditjen SDPP dan PT Bakti), PT Telkom dan perwakilan dari masyarakat, belum lama ini.
Pada kesempatan itu disampaikan bahwa masyarakat Kabupaten Morowali sangat membutuhkan kehadiran layanan internet broadband yang handal dan cepat, sehingga bisa mendukung beragam usaha mereka seperti jual beli online, pemasaran produk dan jasa.

Selain itu, sektor pemerintahan dan perusahaan juga sangat membutuhkannya untuk menunjang komunikasi dan koordinasi yang saat ini sudah tidak cukup lagi hanya lewat suara dan SMS.

Kehadiran jaringan backbone fiber optik Palapa Ring Tengah (PRT) akhirnya menjadi solusi akan kebutuhan layanan internet broadband berkecepatan tinggi bagi para pelanggan Telkomsel di Morowali.

Supervisor Radio, Transport and Power Operation Telkomsel wilayah Poso, Morowali Utara dan Morowali, Fahruddin mengatakan, terhitung sejak 7 Juli 2019, pihaknya telah berhasil melakukan integrasi jaringan 4G di Kabupaten Morowali secara bertahap ke Palapa Ring Tengah.

“Hal ini secara signifikan meningkatkan kecepatan akses internet 4G (speed test) di atas 5 Mbps, jadi akses sosial media seperti Facebook, Instagram maupun WhatsApp tidak lalod lagi alias lambat loading,” kata Fahruddin kepada media ini, Kamis (18/7/2019).

Ia mengatakan, dampak lain dari integrasi ini adalah meningkatnya kualitas layanan voice dan data di jaringan 2G dan 3G.

Karena menurutnya, jalur transmisinya menjadi lebih lega setelah layanan 4G yang memang haus bandwidth dipindahkan ke PRT.

Sementara itu, Manager Network Service Telkomsel Sulteng, I Wayan Sudana menambahkan, tidak dipungkiri bahwa tantangan terbesar membangun jaringan seluler, khususnya 4G di wilayah ini adalah tidak adanya jaringan backbone fiber optik kapasitas besar.

Menurutnya, investasinya membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Puji syukur, saat ini jaringan fiber optik Palapa Ring Tengah sudah beroperasi dan Telkomsel tidak lagi menunda-nunda untuk segera mengintegrasikan jaringan 4G-nya,” katanya.

Pihaknya berterima kasih kepada Bupati Morowali, Kominfo Morowali, Kominfo Sulawesi Tengah, PT Telkom dan semua pihak yang telah membantu dalam proses integrasi ini.

“Tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih atas kesabaran dan kesetiaan seluruh pelanggan Telkomsel, khususnya di Kabupaten Morowali. Suka duka telah kita lewati bersama dan saat ini kami ingin ucapkan selamat menikmati jaringan 4G berkecepatan tinggi di Kabupaten Morowali,” pungkas I Wayan Sudana. CAL

Silakan komentar disini...
loading...