Morowali akan Dipasang 100 Unit Lampu Tenaga Surya

91
big_1-10-1024x478
Ilustrasi listrik tenaga surya (Foto : Istimewa)

SultengTerkini.Com, PALU– Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tengah (Sulteng) memprogramkan pemasangan 100  unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Pemasangan LTSHE akan dilakukan di Kabupaten Morowali tepatnya di Desa Pungkeu sebanyak 65 unit dan Desa Bungi sebanyak 35 unit.

Kepala Seksi Pengembangan Energi Baru Terbarukan Dinas ESDM Sulteng, Irnawati mengatakan, pemasangan LTSHE merupakan program Bidang Energi Baru Terbarukan untuk tahun 2019 dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 500 juta.

“Tahun ini akan dipasang LTSHE berdasarkan usulan dari setiap kabupaten,” katanya kepada media ini.

Sebelumnya yang bermohon untuk pemasangan LTSHE yakni sebanyak 7.965 kepala keluarga. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran, maka yang bisa diakomodasi hanya 100 unit saja.

Menurut Irnawati, pemasangan LTSHE akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran daerah dan berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Permohonan yang kami terima, selanjutnya dilakukan verifikasi.  Bila satu daerah sudah dimasuki PLN, maka permohonan itu kami tidak verifikasi,” jelasnya.

Karena,  pemasangan LTSHE diperuntukkan bagi pemukiman satu daerah yang belum dialiri listrik.

Selain itu, pemasangan LTSHE juga berkoordinasi dengan pihak PLN. Pemasangan LTSHE diperuntukkan bagi pemukiman yang belum memiliki aliran listrik atau dengan kata lain belum dimasuki pihak PLN.

“Dari sejumlah pemohon, kami lakukan verifikasi. Jika terdapat daerah yang akan dialiri listrik, maka Dinas ESDM tidak akan melayani permohonan tersebut,” katanya. MAD

Silakan komentar disini...
loading...