oleh

Musim Kemarau 2019 di Sulawesi Tengah Segera Tiba

Foto Wenas
Wenas Ganda Kurnia

KAPAN musim kemarau datang?. Indonesia memiliki 342 Zona Musim (ZOM), awal musim kemarau 2019 diprediksi akan mulai masuk pada April 2019 di sebagian wilayah Nusa Tenggara, Bali dan Jawa sebanyak 79 ZOM (23,1%).

Sedangkan wilayah-wilayah yang diprediksi awal musim kemarau pada Mei 2019 sebanyak 99 ZOM (28,9%) meliputi sebagian Bali, Jawa, Sumatra dan sebagian Sulawesi.

OLEH: WENAS GANDA KURNIA*)

Kemudian sebanyak 96 ZOM (28,1%) akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2019 di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologisnya (periode 1981-2010), awal musim kemarau di Indonesia sama dengan rata-ratanya 127 ZOM (37,1%), Mundur sebanyak 128 ZOM (37,4 %), dan Maju sebanyak 97 ZOM (25,5%).

Apa itu ZOM dan non ZOM?

ZOM adalah istilah untuk daerah-daerah yang mempunyai batas yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau.

Sedangkan daerah-daerah yang tidak mempunyai batas yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau disebut daerah non ZOM.

Sulawesi Tengah mempunyai empat wilayah ZOM, yaitu ZOM 316 (Donggala bagian barat dan Sigi bagian barat), ZOM 317 (Sigi bagian timur dan Poso bagian barat), ZOM 318 (Poso bagian utara dan Tojo Una-una bagian barat) dan ZOM 320 (Buol bagian utara dan Toli-toli bagian timur).

Selain dari daerah atau wilayah yang disebutkan di atas adalah daerah non ZOM.

Perlu diketahui mayoritas wilayah Sulawesi Tengah adalah wilayah non ZOM. Datangnya musim kemarau di Sulawesi Tengah

prakiraan awal terjadi sekitar bulan Juni-Agustus.  Wilayah ZOM 316 memasuki awal musim kemarau pada Juni dasarian II (Donggala bagian barat dan Sigi bagian barat), ZOM 317 pada Juli dasarian II (Sigi bagian timur dan Poso bagian barat).

Kemudian ZOM 318 pada Juli dasarian I (Poso bagian utara dan Tojo Una-una bagian barat) dan ZOM 320 pada Agustus dasarian I (Buol bagian utara dan Tolitoli bagian timur).

Kapan puncak kemarau terjadi?

Puncak musim kemarau 2019 di Sulawesi Tengah diprediksi terjadi pada Juli-September 2019.

Wilayah ZOM 316 memasuki puncak musim kemarau pada September (Donggala bagian barat dan Sigi bagian barat).

ZOM 317 pada Juli (Sigi bagian timur dan Poso bagian barat) dan ZOM 318 pada Agustus (Poso bagian utara dan Tojo Unauna bagian barat).

Khusus ZOM 320 (Buol bagian utara dan Tolitoli bagian timur) puncak musim kemarau diprediksi terjadi pada Februari 2020.

Kota Palu sendiri masuk wilayah non ZOM atau dapat diartikan wilayah yang tidak memiliki musim yang jelas antara kemarau dan penghujan.

Menghadapi kondisi puncak kemarau perlu diwaspadai wilayah yang rentan terhadap bencana yang ditimbulkan oleh curah hujan yang rendah antara lain, kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan serta berkurangnya persediaan air bersih.

*) Penulis adalah Pengamat Meteorologi dan Geofisika Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu-Palu

 

 

 

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed