Pasca Sidak, Hasil Uji Lab Tahu dan Tempe Tunggu BPOM

91
WhatsApp Image 2019-05-15 at 16.51.45
Rudi Zulkarnain

SultengTerkini.Com, PALU– Hasil uji laboratorium (lab) tahu dan tempe di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) menunggu hasil resmi dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat.

Tahu dan tempe itu merupakan sampel yang diuji di lab BPOM setelah dilakukan inspeksi mendadak (sidak) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sulawesi Tengah bersama BPOM Kota Palu.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Sulteng, Rudi Zulkarnain mengatakan, pihaknya telah mengunjungi sejumlah pabrik pembuatan tahu dan tempe dan mengambil sampelnya.

“Kami mendatangi pabrik tahu dan tempe melihat langsung bahan apa saja yang digunakan membuat tahu dan tempe,” katanya.

Setelah diambil sampelnya, tahu dan tempe tersebut langsung dibawa laboratorium BPOM Palu. Hasilnya bisa diperoleh beberapa hari kedepan.

Menurutnya, penggunaan bahan makanan tahu dan tempe selama Ramadan meningkat. Dikhawatirkan situasi ini dimanfaatkan pelaku usaha memasukkan bahan berbahaya.

“Bukan hanya ke pabriknya saja, kami bersama BPOM juga turun ke Pasar Masomba mengambil sampel bahan makanan,” jelasnya.

Bahkan, sidak juga dilakukan di toko yang menjual bahan berbahaya seperti boraks, rormalin, rodamin B, dan metanil yelow.

Setelah diambil sampel, pengujian bahan makanan tersebut akan diperoleh dalam beberapa hari. MAD

Silakan komentar disini...
loading...