Basarnas Palu Evakuasi Korban Banjir Bandang di Sigi

99
photo6210761227186055461
TIM Basarnas Palu mengevakuasi para korban banjir bandang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (29/4/2019) dini hari. FOTO: BASARNAS

SultengTerkini.Com, SIGI– Hujan deras yang mengguyur Desa Balongga dan Bangga di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Ahad (28/4/2019) mengakibatkan air meluap dan merendam ratusan rumah warga serta puluhan diantaranya mengalami rusak berat.

Saat kejadian sejumlah warga panik dan mencari tempat aman, salah satunya di tempat ketinggian dan atap rumah.

Mengetahui kejadian tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano langsung merespon dan mengarahkan beberapa personelnya untuk ke lokasi melakukan evakuasi terhadap korban-korban yang masih terjebak di berbagai tempat.

Humas Basarnas Palu, Fatmawati kepada media ini, Senin (29/4/2019) mengatakan, saat tiba di lokasi tim yang diturunkan terkendala karena sejumlah akses jalan putus.

Ia mengatakan, tim kemudian mencari akses lain agar bisa sampai ke lokasi dan dengan petunjuk dari masyarakat tim akhirnya bisa tembus ke lokasi kejadian untuk selanjutnya melakukan evakuasi warga yang terjebak.

Pada Senin dini hari pukul 01.45 wita tim I berhasil menemukan 10 orang korban Desa Bangga Dusun 2 dalam keadaan selamat dan melakukan evakuasi ke tempat pengungsian setelah arus banjir stabil.

Adapun data korban selamat yang berhasil dievakuasiĀ  Mulyadi (40), Ani (48), Agustin (51), Hiriati (43), Ponaria (80), Nurahmi (12), Akiel (8) Hariya (50), dan Akil (13).

Adapun data kerusakan rumah warga di Desa Bangga Dusun II RT I 77 Kepala Keluarga (KK), kondisi rumah 50 KK rusak berat, RT II 53 KK, kondisi rumah 53 KK rusak berat), RT III 55 KK, kondisi rumah 53 KK rusak berat.

Sementara itu, pada pukul 02.04 wita tim II menghentikan sementara pergerakan menuju Dusun 2 dikarenakan arus sungai yang deras dan disertai material.

Operasi penyelamatan masih terus dilakukan hingga Senin siang ini. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. CAL

Silakan komentar disini...
loading...