Siap Kawal Pemilu, Ratusan Pengawas TPS di Poso Dilantik

174
WhatsApp Image 2019-03-25 at 11.55.22
SUASANA pengawas TPS Poso Kota Selatan saat diambil sumpahnya, Senin (25/3/2019). FOTO: FAIS

SultengTerkini.Com, POSO– Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Poso Kota Selatan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah melantik 35 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)  di wilayahnya, Senin (25/3/2019).

35 orang pengawas TPS tersebut dilantik dan diambil sumpah jabatannya secara langsung oleh Ketua Panwascam Poso Kota Selatan, Hasan Lumi.

Dalam arahannya, Hasan Lumi menyampaikan, kepada pengawas TPS agar senantiasa netral dan menjaga integritasnya sebagaimana tugas dan tanggungjawab sebagai pengawas, pengawas harus memiliki tanggung jawab moral terhadap pelaksanaan Pemilu.

Menurut Hasan Lumi, untuk merekrut pengawas TPS tersebut, pihaknya tidak asal-asalan.

Jika perekrutan dilakukan seleksi ketat, mulai dari kelengkapan berkas, hingga kemampuan tes wawancara.

“Perlu diketahui, kami dalam merekut pengawas TPS ini tidak asal-asalan, tidak sembarang, semua melalui prosedur yang ketat,” ucapnya.

Hasan menambahkan, pengawas TPS yang telah dilantik nantinya diberikan bimbingan teknis untuk memberikan pemahaman tentang tata cara kerja sebagai seorang pengawas TPS.

Camat Poso Kota Selatan, Leonard Nelloh yang hadir dalam sambutannya berharap, pengawas TPS bisa bekerja maksimal, dan saling melengkapi, agar pelaksanan dilapangan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

“Kami selaku pihak kecamatan mengucapkan selamat telah dilantik, bekerjalah dengan baik dan benar,” harap Camat.

Kegiatan ini turut dihadiri pihak Polsek Lage, Ketua PPK Poso Kota Selatan, Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Tak hanya Poso Kota Selatan, pengawas TPS di wilayah kecamatan lainnya di wilayah Poso juga dilantik.

766 PENGAWAS TPS DILANTIK

Sementara itu, sebanyak 766 pengawas TPS secara resmi telah dilantik dan dikukuhkan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Poso.

Dimana 766 petugas pengawas TPS ini, nantinya ditempatkan di semua TPS yang ada di wilayah Kabupaten Poso.

“Kita berharap, dengan telah dikukuhkan 766 petugas pengawas TPS ini, akan lebih mengefektifkan pengawasan proses Pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang,” ujar Ketua Bawaslu Poso Abdul Malik Shaleh saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Senin (25/3/2019).

Ia mengatakan, pengawas TPS ini merupakan hasil rekrutmen selama hampir kurang lebih satu bulan. Dimana mereka ini dipilih sesuai dengan persyaratan yang ketat.

“Selain harus berijazah paling rendah tamatan SMA dan sederajat, yang kita utamakan mereka dekat dengan TPS yang berada di wilayah domisili serta teruji integritas serta independensinya,” tuturnya.

Ia menuturkan, secara khusus tugas utama para petugas pengawas TPS ini adalah membatu pihak Bawaslu saat berlangsung proses pemungutan suara dan perhitungan suara di semua TPS pada hari H digelarnya pemilhan umum.

“Jumlah 766 petugas ini telah sesuai dengan jumlah seluruh TPS yang di kabupaten Poso, yang tersebar di 19 kecamatan, di 170 desa/kelurahan,” katanya.

Selain itu, secara organisasi, para petugas pengawas TPS ini sebagaimana diatur dalam aturan main, mereka adalah bagian yang masuk pada struktur di jajaran Bawaslu.

“Yang jelas petugas pengawas TPS ini merupakan masuk dalam bagian struktur yang ada di Bawaslu,” kata Malik yang menjadi komisioner Bawaslu dua periode itu.

Ia berharap dengan adanya petugas pengawas TPS, Pemilu 2019 ini akan melahirkan produk pemilu yang benar-benar berkualitas serta bermuara pada lahirnya pemimpin yang menjadi harapan masyarakat secara keseluruhanya. FAI

Silakan komentar disini...
loading...