oleh

Polres Touna Perlakukan Tahanan Secara Manusiawi

WhatsApp Image 2019-02-02 at 21.42.13
KAPOLRES Tojo Unauna AKBP Boyke Karel Wattimena (kedua dari kanan) didampingi Kasat Reskrim AKP Zulkifli (paling kanan) saat ditemui jurnalis, Jumat (1/2/2019). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, AMPANA– Pihak Satuan Reskrim dan Satuan Babinkamtibmas Polres Tojo Unauna (Touna) terus memantau keberadaan para tahanan yang berada di sel mapolres setempat untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

Kasat Reskrim Polres Touna, AKP Zulkifli mengaku, pihaknya setiap saat, khususnya pada malam hari terus memantau kondisi para tahanan.

Apakah mereka baik-baik atau tidak, memastikan juga mereka sehat dan tidak ada penganiayaan serta depresi dialami tahanan yang dapat mempengaruhi tindakan buruk para tahanan di dalam sel.

“Saat ini setidaknya ada 18 tahanan di sel Polres Touna yang sedang menjalani proses hukum. Kami terus memantau keberadaan mereka. Bahkan petugas jaga juga jangan sampai lengah. Ini penting karena jangan sampai terjadi apa-apa di dalam tahanan seperti misalnya bunuh diri atau lain sebagainya. Kami juga memastikan para tahanan diperlakukan secara manusiawi,” kata mantan Kasat Sabhara Polres Donggala itu.

Selain itu juga, Kasat Binmas Polres Touna Iptu Ramli Abdul Rasyid juga ikut memantau keadaan para tahanan dalam rangka memberikan siraman rohani kepada mereka sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Selama masa tahanan, bagi yang muslim diwajibkan menjalankan ibadah salat lima waktu dan disarankan banyak berzikir dan beristigfar mohon ampunan kepada Allah SWT.

“Ini yang selalu kami tekankan kepada para tahanan. Bahkan kami pantau terus, apakah mereka menjalankan ibadah atau tidak,” ujarnya.

Tak jarang juga pihaknya memberi ceramah mengingatkan kepada para tahanan untuk selalu bersyukur, termasuk bersyukur sudah ditangkap oleh polisi.

Sebab, dengan ditangkap berarti diberi waktu untuk bertobat. Bayangkan, bila pelaku kejahatan tidak bisa ditangkap, maka dia akan terus melakukan dosa di luar sana.

“Para tahanan juga selalu saya tekankan harus bersyukur karena selama masa tahanan rezeki kalian sudah diatur oleh Allah SWT. Misal, waktu makan sudah disiapkan, itu semua rezeki,” tuturnya. AHR

Silakan komentar disini...
loading...
(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed