Ini Enam Alasan Sehat untuk Minum Susu Saat Sarapan

255
main_image_9702
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Selain kaya akan kandungan kalsium, susu juga dianjurkan sebagai untuk menu sarapan. Apalagi bagi Anda yang malas makan sayur.
Salah satu menu sarapan yang populer ini memang tidak perlu lagi diragukan khasiat dan manfaatnya untuk tubuh. Sebuah penelitian membuktikan sarapan yang disertai dengan susu bisa menurunkan asupan kalori saat makan siang, bahkan hingga meningkatkan performa mental dan otak.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat sehat susu apalagi jika diminum ketika sarapan.

Baca Juga: Mengapa Susu Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?

1. Kalsium dan kalium
Susu kaya akan kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk menjaga kekuatan tulang kita, apalagi untuk mencegah osteoporosis. Selain itu susu memiliki fungsi penting seperti transmisi saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Sekaligus mengatur tekanan darah, yang dibutuhkan oleh otot tubuh.

2. Protein Susu
merupakan sumber protein yang sangat baik. Minuman ini mengandung seluruh jenis asam amino esensial yang diperlukan tubuh, terutama untuk memenuhi kebutuhan fisiologis seseorang.

  1. Sumber vitamin
    Ada vitamin A, B-12, hingga vitamin D dalam segelas susu. Vitamin A dapat membantu menjaga penglihatan yang baik, dan membuat kulit tetap lembut dan halus. Vitamin A dalam susu dapat mengontrol pertumbuhan sel dan berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh kita. Sementara vitamin B-12 penting untuk sistem saraf dan pembentukan darah. Ada juga vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta pembentukan tulang.

    4. Fosfor dan riboflavin
    Kandungan fosfor dan riboflavin dalam susu berfungsi untuk membantu produksi energi dalam sel tubuh. Selain tubuh mendapatkan energi sepanjang hari, nutrisi ini turut membantu pembentukan tulang kita.

  2. Menjaga berat badan
    Meskipun tidak dapat dianjurkan sebagai pola diet, tapi menurut sebuah penelitian meminum susu setiap hari sebagai sarapan bisa bantu menurunkan berat badan. Ini karena kandungan protein dan niasin, membuat perut lebih kenyang.

    6. Kandungan niasin
    Niasin menjaga enzim berfungsi normal dan membantu tubuh mengolah kandungan gula dan lemak. Susu juga penting untuk mengembangkan sistem saraf.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...