BPJS Kesehatan Palu akan Kampanyekan Hidup Sehat ke Pelajar SD

761
KEPALA Bidang Kepesertaan dan Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Palu, Sopo Irvandy Panggabean bersama Kabid Penjamin Manfaat Primer, Sanny Christian saat memberikan keterangan pers di kantornya Jalan Muhammad Yamin Palu, Selasa (18/7/2017). FOTO: HAPSAH

SultengTerkini.Com, PALU– Dalam rangka memperingati HUT ke 49, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berencana melakukan kegiatan promotif preventif serentak di 13 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu (19/7/2017) besok.

Khusus di Sulteng terpilih SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Palu.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Palu, Sopo Ivandy Pangabean mengatakan, tujuannya kegiatan itu tak lain adalah untuk mengedukasi anak-anak sekolah akan pentingnya pola hidup sehat sehari-hari.

Melalui kegiatan promotif preventif tersebut, pelajar diharapkan dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini, sehingga dapat terhindar dari penyakit.

“Kami ingin menunjukkan kepada para pelajar SD betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan rajin menggosok gigi, cuci tangan, dan senam setiap hari, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit,” kata Sopo Ivandy Panggabean saat konferensi pers Pra Kegiatan Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan di kantornya Jalan Muhammad Yamin Palu, Selasa (18/7/2017).

Sopo menjelaskan, kegiatan Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan diharapkan dapat menggugah pelajar untuk meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri masing-masing.

Ia mengingatkan, peran serta seluruh masyarakat dan generasi muda dalam mengawal keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia sangatlah besar.

“Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan ke depannya jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.

“Untuk itu, kami juga berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD adalah masa dimana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya,” kata Sopo Ivandy Panggabean.

Adapun ke 13 SD yang dikunjungi BPJS Kesehatan di Indonesia antara lain, SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, SD 13 Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, SD Negeri Pendowoharjo Sleman, SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang.

Selanjutnya, SDN 5 Menteng Palangkaraya, SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palu, SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, SD Inpres 18 Sorong, dan SDN Bulakan III Cilegon.

Hingga 14 Juli 2017, terdapat 179.011.459 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Selain itu, terdapat total 20.877 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 9.829 Puskesmas, 4.523 Dokter Praktik Perorangan, 1.151 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.360 Klinik Pratama, dan 14 RS D Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.451 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.179 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.274 Apotek, serta 998 Optik.

Sedangkan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palu per 14 Juli 2017, terdapat 1.432.079 jiwa penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Selain itu, terdapat total 185 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Palu, yang terdiri atas 116 Puskesmas, 28 Dokter Praktik Perorangan, 11 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 14 Klinik Pratama, dan 1 RS D Pratama, 8 Klinik TNI, 7 Klinik Polri. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Palu juga telah bekerja sama dengan 20 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), 9 Apotek, serta 8 Optik. SAH/FIQ

Silakan komentar disini...
loading...